Senin 24 Apr 2023 19:42 WIB

Hadapi City, The Gunners Kemungkinan Masih Tanpa Saliba

Ini akan jadi laga hidup-mati kedua tim dalam perburuan gelar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pemain Arsenal William Saliba melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya  pada babak 16 besar Liga Europa, leg pertama, pertandingan sepak bola antara Sporting CP dan Arsenal di stadion Alvalade di Lisbon,Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Armando Franca
Pemain Arsenal William Saliba melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya pada babak 16 besar Liga Europa, leg pertama, pertandingan sepak bola antara Sporting CP dan Arsenal di stadion Alvalade di Lisbon,Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- William Saliba kemungkinan besar masih absen kala Arsenal menjamu Manchester City pada pekan ke-33 Liga Primer Inggris, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. Bek tengah asal Prancis itu menghilang dari skuad The Gunners di lima laga terakhir lantaran masih dibekap cedera punggung.

Saliba mengalami cedera punggung kala Arsenal dibekap Sporting Lisbon, 4-6, via babak adu penalti pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa, akhir bulan lalu, Saat itu, bek tengah berusia 22 tahun itu hanya sempat tampil selama 22 menit laga sebelum akhirnya ditarik keluar akibat mengalami cedera. 

Baca Juga

Kehilangan Saliba terbukti menjadi pukulan berat buat lini belakang The Gunners. Tanpa diperkuat Saliba, The Gunners tidak pernah mencatatkan clean-sheet. Selama periode tersebut, Arsenal kebobolan sembilan gol, termasuk saat kebobolan lima gol di tiga laga terakhir.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri buat The Gunners saat melawat ke markas City, Stadion Etihad. Terlebih, laga ini digadang-gadang bakal menjadi partai penentu dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. 

Berada di dua posisi teratas klasemen sementara, kedua tim hanya terpaut lima poin di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Kegagalan memetik poin penuh di laga ini tentu bakal membuat The Gunners gagal menjauh dari kejaran City, yang berada di peringkat kedua, di sisa Liga Primer Inggris musim ini.

Di laga ini, Arsenal kemungkinan besar masih belum diperkuat salah satu bek tengah andalan pada awal musim ini tersebut. ''Arsenal terus memantau kondisi Saliba setiap hari. Namun, sepertinya lawatan Arsenal ke markas City datang terlalu cepat buat Saliba,'' tulis laporan Sky Sports, Senin (24/4/2023).

Sebelumnya, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sempat mengungapkan, proses pemulihan cedera Saliba berjalan tidak sesuai harapan. Pelatih asal Spanyol itu pun tidak mau mengambil resiko terkait kondisi fisik eks bek tengah Saint-Ettiene tersebut.

''Situasinya cukup rumit. Kami harus benar-benar yakin sebelum menurunkan kembali (Saliba). Untuk saat ini, rasanya dia masih membutuhkan waktu untuk bisa melakukan itu,'' kata Arteta seperti dikutip One Football, tengah pekan lalu.

Berdasarkan lansiran The Athletic, pemain yang sempat dipinjamkan Marseille pada musim lalu itu juga diperkirakan bakal absen kala Arsenal berduel dengan Chelsea di laga lanjutan Liga Primer Inggris, akhir pekan depan.

Seiring absennya Saliba, Arteta memberikan kepercayaan kepada Rob Holding untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Saliba. Bukan tidak mungkin, Arteta bakal kembali menempatkan Holding untuk tampil sebagai starter di jantung pertahanan The Gunners di laga kontra City dan saat menghadapi The Blues.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement