Jumat 28 Apr 2023 08:48 WIB

Newcastle United Kian Dekat Finis di Empat Besar, Howe: Tetap Jaga Fokus

Dalam 6 laga terakhir Liga Primer Inggris, Newcastle akan menjajal sejumlah klub top.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Newcastle United, Eddie Howe.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pelatih Newcastle United, Eddie Howe.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Newcastle United terus melaju di trek kemenangan usai membungkam Everton, 4-1, pada pekan ke-33 Liga Primer Inggris, Jumat (28/4/2023) dini hari WIB. Raihan poin maksimal di Stadion Goodison Park itu sekaligus memperbesar peluang the Magpies finis di empat besar klasemen Liga Primer Inggris musim ini.

Callum Wilson membuka keunggulan Newcastle di markas Everton itu pada menit ke-28. Sempat kesulitan menambah keunggulan, the Magpies akhirnya mencetak gol kedua di laga itu pada menit ke-72 lewat Joelinton. Tiga menit berselang, Wilson mencetak gol keduanya dan menebalkan keunggulan tim tamu.

Baca Juga

Everton membalas via torehan Dwigt McNeil pada menit ke-80. Namun, gol Jacob Murphy pada menit ke-81 menegaskan keunggulan the Magpies atas tim tuan rumah. Ini menjadi kemenangan kedua Bruno Guimaraes dan kawan-kawan secara beruntun setelah membungkam Tottenham Hotspur, 6-1, akhir pekan lalu.

Kemenangan atas Everton ini terbukti krusial dalam upaya Newcastle finish di empat besar Liga Primer Inggris. Tambahan tiga angka di laga ini, ditambah kegagalan Manchester United memetik poin penuh di laga lainnya, membawa the Magpies mengambil alih peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Meski telah melakoni satu laga lebih banyak dari Iblis Merah, Newcastle United unggul dua poin atas Man United. Terlepas dari kondisi tersebut, the Magpies mampu mencatatkan keunggulan hingga delapan poin dari peringkat kelima yang ditempati Tottenham Hotspur.

Finalis Piala Liga Inggris musim ini tersebut memiliki peluang besar untuk bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris dan mengantongi satu tiket tampil di putaran grup Liga Champions musim depan. The Magpies tercatat tidak pernah lagi tampil di kompetisi Eropa sejak musim 2012/2013.

Kendati begitu, pelatih Newcastle United, Eddie Howe, tidak mau anak-anak asuhnya terlena dengan kondisi tersebut. Pelatih asal Inggris itu tetap meminta para penggawa the Magpies bisa menjaga fokus demi memaksimalkan raihan poin di enam laga sisa Liga Primer Inggris musim ini.

''Saya rasa, masalahnya selalu ada di laga berikutnya. Posisi di klasemen akhir akan menunjukkan di mana kami dan apa yang akan kami hadapi pada musim depan. Namun, untuk saat ini, fokus kami harus tertuju di laga berikutnya. Kami mesti bisa mempertahankan performa ini dan raihan hasil ini,'' kata Howe seperti dikutip BBC, Jumat (28/4/2023).

Di enam laga terakhir Liga Primer Inggris, termasuk satu laga tunda, Newcastle United memang masih harus menghadapi sejumlah tim papan atas. Selain menghadapi Chelsea pada pekan terakhir Liga Primer Inggris musim ini, the Magpies juga dijadwalkan berduel dengan Arsenal pada awal bulan depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement