Jumat 28 Apr 2023 23:32 WIB

Klopp: Jika Gagal Finis Empat Besar, Liverpool Bidik Liga Europa

Liverpool akan berusaha keras memaksimalkan peluang tipis finis di empat besar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool akan berusaha keras memaksimalkan peluang tipis finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini. Namun, andai gagal lolos ke Liga Champions, pelatih Jurgen Klopp tetap antusias timnya berlaga di Liga Europa.

Liverpool berada di posisi ketujuh, tujuh poin di belakang Manchester United yang berada di posisi keempat setelah memainkan satu pertandingan lebih banyak dan hampir tidak mungkin lolos ke Liga Champions.

Baca Juga

"Kami mengambil apa yang kami dapatkan. Kami tidak mengatakan itu akan fantastis di awal musim, tetapi musim ini mengajarkan kami beberapa hal. Jika ini adalah Liga Europa, maka ini adalah Liga Europa. Saya ingin memainkan sepak bola sebaik mungkin. Kami harus fokus pada pertandingan yang akan datang, yaitu Tottenham. Apa yang terjadi dalam beberapa pekan ke depan akan sangat penting untuk musim depan," kata Klopp.

Liverpool telah berjuang dengan konsistensi musim ini, tapi berhasil mengalahkan West Ham United 2-1 pada tengah pekan lalu. The Reds meraih kemenangan ketiga berturut-turut di liga untuk pertama kalinya tahun ini.

"Masih terlalu dini untuk membicarakan konsistensi. Saya senang dengan penampilan saat ini karena saya melihat banyak hal yang ingin kami lihat dalam pertandingan dan itu sangat menyenangkan bagi pelatih," kata Klopp.

Ia mengatakan Liverpool ingin fokus pada diri sendiri. Namun mereka tetap tidak bisa mengabaikan kualitas lawan. Menurut dia, selalu ada sesuatu yang harus ditingkatkan. 

"Saya benar-benar baik-baik saja dengan kami saat ini tetapi kami harus tetap fokus dan menunjukkan bahwa hadiah terpenting dalam sepak bola adalah tiga poin," tegas Klopp.

Pada Ahad, Liverpool akan menjamu rival mereka di kualifikasi Eropa, Tottenham Hotspur, yang belum pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir.

Terlepas dari perjuangan klub London yang berada di peringkat kelima baru-baru ini, Klopp mengatakan ia mewaspadai ancaman yang mereka timbulkan melalui serangan balik. Ia mengacu pada kebangkitan Tottenham pada babak kedua dalam hasil imbang 2-2 di kandang melawan Manchester United. Ia menegaskan, kesalahan kecil dapat menyebabkan masalah besar.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang hal itu untuk Tottenham, tetapi mereka menunjukkan bahwa mereka luar biasa tadi malam. Saya akan bersiap untuk menghadapi tim Tottenham yang terbaik. Mereka adalah tim dengan serangan balik terbaik di Eropa sejauh ini," kata Klopp.

Pelatih asal Jerman itu menambahkan bahwa gelandang Naby Keita kemungkinan akan kembali berlatih pada Jumat, sementara bek Ibrahima Konate tersedia untuk seleksi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement