Sabtu 29 Apr 2023 05:25 WIB

Indonesia Hadapi Ujian Pertama Kontra Filipina dalam Misi Boyong Emas

Indonesia menang empat kali dan sekali imbang melawan Filipina di SEA Games.

Para pemain timnas Indonesia U-22.
Foto:

Untuk lini tengah, saat itu pelatih Indra mempercayakan kepada trio Sani Rizki, Evan Dimas, dan Zulfiandi, sedangkan di depan ia memasang trio Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Formasi serupa kembali digunakan pelatih Indra Sjafri pada pertandingan uji coba terakhir timnas, saat menghadapi Lebanon pada pertengahan April silam. Saat itu untuk 11 pertama pelatih ini menurunkan kiper Adi Satryo, kemudian lini belakang dihuni kuartet Fajar Fathurrahman, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Salman Alfarid.

Untuk lini tengah ia memainkan trio Beckham Putra, David Maulana, dan Kanu Helmiawan. Pada lini serang, pelatih Indra mengandalkan trio Fajar Fathur Rahman, Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh untuk membobol gawang lawan.

Melihat kesukaan pelatih Indra Sjafri terhadap formasi 4-3-3, besar kemungkinan ia akan menurunkan formasi tersebut saat melawan Filipina pada pertandingan pertama Grup A, Sabtu.

Untuk mengisi posisi kiper, kemungkinan dia akan memilih untuk memainkan penjaga gawang Persebaya Surabaya Ernando Ari, yang memiliki lebih banyak menit bermain dibanding kiper lainnya Muhammad Adi Satryo.

Di lini belakang, Arhan akan menebar teror bagi Filipina dari sektor bek kiri sekaligus menjaga pertahanan, sedangkan sosok yang merupakan pemain muda terbaik Liga 1 musim 2022/2023,Rio Fahmi, berpeluang dipercayakan untuk mengisi posisi sayap kanan. Dua bek tengah tangguh, Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga akan menjadi batu karang di depan kiper Ernando.

Pada lini tengah, pemain yang turut membawa PSM Makassar menjuarai Liga 1 musim lalu Ananda Raehan akan memberikan perlindungan bagi lini belakang dengan perannya sebagai gelandang bertahan. Sedangkan dua gelandang kreatif Beckham Putra dan Marselino akan menjadi penyuplai bola bagi para penyerang sekaligus memberi ancaman bagi gawang Filipina.

Trio penyerang kemungkinan akan diisi oleh pemain Persija Jakarta,Witan Sulaeman, penyerang PSM Makassar, Ramadhan Sananta, serta Titan Agung yang dapat bermain sebagai pemain sayap.

Perkiraan susunan pemain Indonesia kontra Filipina:

Ernando Ari, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Rio Fahmi, Ananda Raehan, Beckham Putra, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Titan Agung

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement