Ahad 30 Apr 2023 10:07 WIB

Indra Sjafri Akui Skuadnya Kesulitan Lawan Filipina Meskipun Menang 3-0

Timnas U-22 belum panas di babak I tapi menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengakui skuadnya masih mengalami kesulitan melawan Filipina di laga perdana SEA Games 2023 Kamboja meskipun berhasil mengamankan poin penuh dengan kemenangan 3-0. Laga tersebut digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Indonesia menang melalui gol Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fathur Rachman.

Pelatih berusia 60 tahun itu melihat anak asuhnya kesulitan mengembangkan permainan. Rizky Ridho dkk memang mengalami kebuntuan hampir di sepanjang babak pertama. Beruntung Marselino Ferdinan memecah kebuntuan tersebut sebelum turun minum untuk membangkitkan kembali motivasi tim.

Baca Juga

Menurut Indra, skuad asuhannya belum panas di babak pertama tapi menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu. "Pertandingan yang berat dan anak-anak di babak pertama belum bisa mengembangkan permainan, tetapi mereka dari menit ke menit berkembang, dan di babak kedua mulai bisa bermain dengan baik," kata Indra, Sabtu (29/4/2023).

Tim asuhan Indra Sjafri mampu mengakhiri babak pertama dengan keunggulan. Setelah mengalami kebuntuan selama 45 menit, Marselino Ferdinand akhirnya mencetak gol sebelum turun minum. Umpan Rio Fahmi bisa diselesaikan pemain nomor punggung 7 itu dengan tendangan kaki kanan. Gol itu menutup babak pertama.

Indonesia berpeluang menambah angka di menit ke-60 melalui tendangan penalti. Hadiah itu diberikan setelah Witan Sulaeman dilanggar oleh Rublico Santiago Colminas di area terlarang, wasit pun menunjuk titik putih. Rizky Ridho maju sebagai penendang, namun sepakannya ditepis oleh kiper Filipina, Kammeraad Quincy.

Upaya skuad besutan Indra Sjafri untuk menggandakan keunggulan akhirnya terwujud di menit-menit akhir. Irfan Jauhari sukses mencetak gol lewat tembakan akurat setelah melakukan umpan satu dua dengan Muhammad Taufany pada menit ke-89. Saat pertandingan memasuki masa injury time, Muhammad Fajar Fathur Rahman memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Fathur Rahman mencetak gol lewat tembakan keras memanfaatkan umpan silang Rio Fahmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement