Ahad 30 Apr 2023 16:50 WIB

Cassano dan Vieri Semprot Gaya Usang Pendekatan Allegri di Juventus

Pelatih lain menggunakan waktu untuk belajar, sementara itu tak dilakukan Allegri.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.
Foto: EPA-EFE/SERENA CAMPANINI
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Kritikan terhadap pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengalir deras. Teranyar Antonio Cassano dan Christian Vieri bersuara keras.

Dua mantan pesepak bola top tersebut kini menjalani kesibukan sebagai pundit. Keduanya menganalisis penampilan Juve saat bertemu Inter Milan pada leg kedua semifinal Coppa Italia.

Baca Juga

Bianconeri kalah 0-1 dari Nerazzurri di Stadion Giuseppe Meazza, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. Pasukan hitam-putih tersingkir. Itu karena pada pertemuan pertama, skor berkesudahan imbang 1-1.

Para pundit di atas bingung melihat taktik Allegri. Dimulai dari Cassano. Ia mendesak manajeman si Nyonya Tua agar memecat pelatih tersebut dengan semua staf terkait.

"Ide sepak bolanya masih sama seperti 30 tahun lalu. Saat jeda dua tahun dia pergi memancing. Pelatih lain menggunakan waktu untuk belajar. Saya memikirkan pelatih seperti Thomas Tuchel, Marcelo Bielsa, dan Roberto De Zerbi yang jelas mencintai sepak bolanya, dan mempelajarinya siang dan malam. Allegri tidak pernah melakukannya karena dia tidak peduli," kata Cassano, dikutip dari Football Italia, Ahad (30/4/2023).

Menurut Cassano, jika tim kecil cenderung bermain bertahan, masih bisa dimaklumi. Ada keterbatasan kualitas. Namun Juventus idealnya lebih baik dari itu. Pernyataan serupa keluar dari mulut Vieri. Ada banyak jugador berkelas di skuad Bianconeri. Kemampuan para pemain tersebut, sulit diekspresikan.

Semua bermain statis dengan garis pertahanan rendah. Para pemain sulit menahan bola lebih lama. Penyerang seperti Dusan Vlahovic harus menghadapi beberapa bek di setiap pertandingan.

"Sungguh menyedihkan melihat pemain Juventus dalam kondisi seperti ini. Apa pun yang mereka lakukan, hampir tidak disengaja atau kebetulan, mereka harus bergantung pada lawan yang membuat kesalahan. Tidak ada inisiatif (untuk menyerang terlebih dahulu)," ujar Vieri.

Selanjutnya Juve akan menghadapi tuan rumah Bologna pada giornata ke-32 Serie A. Duel tersebut berlangsung di Stadion Renato Dall'Ara, Senin (1/5/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement