Ahad 30 Apr 2023 18:45 WIB

Tak Hanya Man City, Newcastle Juga Tertarik Boyong Tierney dari Arsenal

Arsenal siap melepas Tierney yang masih memiliki sisa kontrak selama tiga tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek sayap Arsenal, Kieran Tierney.
Foto: AP/Frank Augstein
Bek sayap Arsenal, Kieran Tierney.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal dilaporkan siap melepas dua pemain sekaligus pada jendela transfer awal musim depan, pertengahan tahun ini. Selain Granit Xhaka, the Gunners disebut-sebut siap berpisah dengan bek sayap kiri asal Skotlandia, Kieran Tierney.

Tierney datang ke Arsenal pada awal musim 2019/2020. Namun, sempat mengalami cedera lutut parah pada musim lalu, Tierney mulai tersisih dari tim utama the Gunners. Tidak berhenti sampai di situ, Arsenal juga mendatangkan Oleksandr Zinchenko pada awal musim ini.

Baca Juga

Tierney pun kian kesulitan untuk bisa mengamankan posisi utama di sisi kiri pertahanan Arsenal. Kendati tampil di 22 partai di pentas Liga Primer Inggris musim ini, bek kiri berusia 25 tahun itu hanya lima kali tampil sebagai starter. Arsenal pun dilaporkan siap melepas Tierney yang masih memiliki sisa kontrak selama tiga tahun tersebut.

Berdasarkan lansiran Daily Mail, Manchester City tengah memantau kemungkinan untuk bisa mendatangkan Tierney. Kehadiran Tierney diharapkan bisa menjadi pelapis dari Nathan Ake yang kerap ditempatkan sebagai bek kiri kendati berposisi asli sebagai bek tengah.

Tidak hanya itu, kehadiran Tierney juga diharapkan bisa meningkatkan kompetisi dalam perebutan posisi bek kiri. Saat ini, Man City diketahui telah memiliki bek kiri asal Spanyol, Sergio Gomez. Namun, pemain berusia 22 tahun itu dinilai masih belum mampu tampil konsisten. Kendati begitu, Man City bukan satu-satunya klub peminta Tierney.

''Mantan pemain Glasgow Celtic itu juga menarik minat Newcastle United. Seperti halnya Man City, the Mapgies juga berharap bisa mendatangkan Tierney guna meningkatkan kompetisi dalam perebutan posisi utama di sisi kiri pertahanan,'' tulis laporan Daily Mail, Ahad (30/4/2023).

Di posisi bek kiri, pelatih Newcastle United, Eddie Howe, diketahui hanya memiliki dua pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri. Namun, Howe lebih sering menurunkan Dan Burn di posisi kiri, yang sebenarnya berposisi asli sebagai bek tengah.

Apabila memilih hengkang ke the Magpiers, Tierney pun akan bersaing secara langsung dengan Dan Burn. Begitu pula dengan persaingan secara langsung dengan Matt Target dan Jamal Lewis. Namun, untuk bisa mendatangkan Tierney, the Magpies dikabarkan harus menyiapkan biaya transfer setidaknya mencapai 30 juta poundsterling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement