Senin 01 May 2023 20:18 WIB

Sosok Pemilik Anyar MU Mulai Semakin Jelas

United bisa memiliki valuasi hingga 10 miliar poundsterling pada masa mendatang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Markas Manchester United (MU) Old Trafford. MU sudah resmi akan dijual dengan dua penawaran yang telah masuk.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Markas Manchester United (MU) Old Trafford. MU sudah resmi akan dijual dengan dua penawaran yang telah masuk.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Miliuner asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe, dilaporkan tengah bersaing dengan pebisnis asal Qatar, Sheikh Jasim bin Hamad Al-Thani, untuk bisa mengakuisisi Manchester United. Namun, Ratcliffe diklaim memiliki peluang lebih besar untuk bisa menjadi pemilik anyar Setan Merah. 

Baik Ratcliffe dan Sheikh Jasim dilaporkan sama-sama telah melayangkan tawaran terakhir untuk bisa mengambil alih kepemilikan United dari Keluarga Glazer. Tidak tanggung-tanggung, Ratcliffe dan Sheikh Jasim disebut siap menggelontorkan dana hingga mencapai lima miliar poundsterling dalam tawaran tersebut.

Baca Juga

Kendati begitu, berdasarkan lansiran Daily Record, dibanding Sheikh Jasim, Ratcliffe memiliki kans lebih besar untuk bisa menjadi pemilik anyar Setan Merah. ''Kedua belah pihak, Keluarga Glazer dan Ratcliffe, sudah cukup dekat dengan kesepakatan untuk pergantian pemilik Manchester United,'' tulis Daily Record seperti dilansir Express, Senin (1/5/2023).

Setidaknya ada sejumlah aspek yang membuat Keluarga Glazer tertarik melepas kepemilikan United kepada Ratcliffe. Direktur Eksekutif sekaligus pendiri perusahaan kimia asal Inggris, Ineos, tersebut memberikan tawaran kepada Arvam dan Joel Glazer untuk tetap memiliki saham minoritas di United pascapengambilalihan kepemilikan tersebut.

Nantinya, Joel atau Avram bisa melepas saham tersebut dalam rentang waktu satu atau dua tahun pascaperalihan kepemilikan United ke Ineos tersebut. Tawaran ini dinilai menjadi jalan terbaik usai kabar perbedaan pendapat antara para anggota keluarga Glazer terkait rencana penjualan United.

Empat dari enam anak Malcolm Glazer, sosok yang mengakusisi United pada 2005 silam, sepakat untuk melepas kepemilikan United secara penuh. Namun, Avram dan Joel masih berharap keluarga pengusaha asal Amerika Serikat itu masih memiliki saham di klub tersukses di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris tersebut.

Baik Joel dan Avram menilai, kehadiran investor baru di United berpotensi meningkatkan valuasi United pada masa mendatang. Joel dan Avram bahkan menilai, United bisa memiliki valuasi hingga 10 miliar poundsterling pada masa mendatang. Ratcliffe pun dilaporkan cukup percaya diri, tawaran terakhir yang dilayangkannya bisa diterima oleh Keluarga Glazer.

Nantinya, Ratcliffe akan mengakuisi United lewat perusahaan yang dipimpinnya, Ineos. Selain menjadi salah satu sponsor tim Mercedes AMG di arena F1, Ineos juga diketahui memiliki saham mayoritas klub asal Prancis, Nice. 

Ratcliffe pun sempat disebut-sebut tertarik untuk mengambil alih kepemilikan Chelsea. The Blues akhirnya diakuisi oleh konsorsium bentukan pengusaha asal Amerika Serikat, Todd Boehly, pada Maret 2022 silam.

Pada Oktober silam, Ratcliffe mengaku sudah bertemu dengan Keluarga Glazer, terutama Joel dan Avram. ''Manchester United dimiliki oleh Keluarga Glazer, yang telah saya temui. Saya sudah bertemu dengan Joel dan Avram. Saya bisa katakan, mereka adalah pria yang paling baik,'' kata Ratcliffe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement