Rabu 03 May 2023 07:21 WIB

Untuk Soal Ini, Guardiola: Haaland Sudah Bisa Dibandingkan dengan Lionel Messi

Pep Guardiola berharap Haaland kelak bisa menyamai apa yang dilakukan Messi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Manchester City, Erling Haaland. Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengatakan, Erling Haaland mulai pantas dibandingkan dengan Lionel Messi.
Foto: Reuters/Lee Smith
Penyerang Manchester City, Erling Haaland. Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengatakan, Erling Haaland mulai pantas dibandingkan dengan Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengatakan, Erling Haaland mulai pantas dibandingkan dengan Lionel Messi. Haaland tampil layaknya "monster" di musim pertamanya bersama Man City.

Haaland mencetak 50 gol di semua kompetisi musim ini saat tendangan penaltinya menjebol gawang Fulham pekan lalu. Gol tersebut sekaligus menjadikannya menyamai catatan gol Alan Shearer dan Andrew Cole di Liga Inggris dalam satu musim, yakni 34 gol. Guardiola menilai dari catatan gol Haaland musim ini, maka striker asal Norwegia itu sudah layak dibandingkan dengan La Pulga, julukan Messi.

Baca Juga

"Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Messi, itu tidak akan membantu Erling, tetapi dalam hal gol dan mentalitas, ya," kata Guardiola yang melatih Messi selama empat tahun di Barcelona, dilansir dari ESPN, Rabu (3/5/2023).

Guardiola mengungkapkan, Messi telah melakukannya setiap musim dalam 10 atau 15 musim terakhir. Dan Haaland telah mencapai level catatan gol yang dilakukan Messi. Haaland hampir setiap pertandingan mencetak gol. Itu merupakan hal yang sama dilakukan Messi di masa silam.

Meski demikian, Guardiola tetap menganggap Messi adalah pemain paling lengkap. Messi bagus dalam visi, dribel, umpan, daya saing, dan hal sulit lainnya. Guardiola berharap Haaland bisa menyamai apa yang dilakukan Messi.

Haaland bersiap mencatatkan rekor pencetak gol terbanyak Liga Inggris sepanjang masa dalam satu musim jika mencetak gol ke gawang West Ham United dalam pertandingan Liga Inggris, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB. Striker asal Norwegia itu juga mempunyai peluang mencapai 60 gol di sisa pertandingan musim ini yang akan dilakoni the Citizens di semua kompetisi.

Messi sendiri mencatatkan 50 gol dalam enam musim antara 2013 dan 2019. Namun Guardiola yakin Haaland belum mencapai puncaknya sehingga bisa menyaingi rekor gol Messi.

Pelatih asal Spanyol itu melihat Haaland mempunyai keinginan untuk menjadi lebih baik dari pemain lain. Selama memiliki kesempatan, maka Haaland akan melakukannya.

Guardiola menambahkan pola pikir Haaland sangat kompetitif dan positif. Haaland mempunyai rasa percaya diri luar biasa dalam urusan mencetak gol. Dan itu menurut Guardiola bukan sebuah arogansi.

"Untuk tiba di musim pertamanya dan sudah mencetak 50 gol dan dia menyamai rekor dua legenda Andy Cole dan Alan Shearer, jadi itu hebat," kata Guardiola menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement