Rabu 03 May 2023 10:38 WIB

Sir Jim Ratcliffe tak Sabar Mengontrol Transfer Pemain di Manchester United

Ratcliffe bermaksud untuk menjadi salah satu tokoh perekrutan Man United ke depan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Sir Jim Ratcliffe dilaporkan akan meminta untuk segera mengontrol transfer di Manchester United (MU) jika dia berhasil menyelesaikan pengambilalihan klub Liga Primer Inggris itu.
Foto: EFE/THIERRY CARPICO
Sir Jim Ratcliffe dilaporkan akan meminta untuk segera mengontrol transfer di Manchester United (MU) jika dia berhasil menyelesaikan pengambilalihan klub Liga Primer Inggris itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sir Jim Ratcliffe dilaporkan akan meminta untuk segera mengontrol transfer di Manchester United (MU) jika dia berhasil menyelesaikan pengambilalihan klub Liga Primer Inggris itu. Tawaran Ratcliffe dipahami untuk saham mayoritas lebih dari 50 persen dari Man United, meninggalkan Glazers dengan kepemilikan saham minoritas sekitar 20 persen.

Proses pengambilalihan untuk membeli Iblis Merah dari keluarga Glazer telah memasuki putaran ketiga penawaran, dengan Ineos Ratcliffe dan investor Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani mengajukan penawaran terbaru sebelum batas waktu Jumat (28/4/2023) pukul 22.00 lalu.

Baca Juga

Sementara itu, proposal Sheikh Jassim adalah untuk menyelesaikan pengambilalihan penuh klub dan dia dikatakan telah mengajukan tawaran rekor dunia sebesar 5 miliar poundsterling, yang masih jauh dari harga yang diminta Glazer sebesar 6 miliar poundsterling.

Bankir pedagang Amerika Serikat (AS) Raine Group bekerja dengan keluarga Glazer dalam usulan penjualan Man United. Kedua pihak ini akan mengevaluasi penawaran terbaru, bersama dengan meminta penawar untuk mengklarifikasi sumber kekayaannya sebelum membuat pengumuman potensial dalam beberapa pekan mendatang.

 

Namun, kemungkinan putaran ketiga penawaran melampaui akhir musim saat ini dan memasuki jendela transfer musim panas belum dikesampingkan. Menurut The Telegraph, Rabu (3/5/2023) tawaran terbaru Ratcliffe mencakup tuntutan untuk mendapatkan kendali langsung atas transaksi transfer pemain di klub segera setelah kesepakatan potensial disepakati.

Namun, laporan tersebut menambahkan bahwa setiap permintaan untuk mendapatkan kendali penuh atas klub sebelum menyelesaikan pembelian sepertinya tidak akan diterima oleh Glazers. Ratcliffe dikatakan fokus untuk memiliki kekuatan langsung atas masuk dan keluarnya pemain, sementara Sheikh Jassim ingin mendapatkan pengawasan yang lebih besar dari urusan klub Man United jika pengambilalihannya 100 persen diterima.

Proposal Qatar akan mengharuskan Glazers untuk menjalankan komitmen keuangan apa pun melewati Sheikh Jassim dan rekannya segera setelah kesepakatan potensial tercapai. Namun, laporan tersebut menyatakan bahwa setiap permintaan untuk kontrol penuh atas urusan klub bisa menjadi "ketidakmungkinan hukum dan teoretis" sebelum kesepakatan diselesaikan.

Ratcliffe dikatakan terbuka untuk mempertahankan beberapa saudara kandung dari keluarga Glazer, kemungkinan besar Joel dan Avram, sebagai pemegang saham minoritas. Tetapi pria berusia 70 tahun itu bermaksud untuk menjadi salah satu tokoh perekrutan Man United ke depan, dengan MU memulai jendela transfer penting di bawah pelatih Erik ten Hag.

Iblis Merah, yang mengumumkan kerugian sebesar 115,5 juta poundsterling untuk musim lalu pada bulan September 2022, diperkirakan akan melepas sejumlah pemain tim utama dan cadangan musim panas ini untuk menghasilkan dana, dengan kapten klub saat ini Harry Maguire, Anthony Martial, dan Aaron Wan-Bissaka di antara mereka yang bisa menghadapi pemutusan.

Pemain-pemain seperti Jadon Sancho, Victor Lindelof, Scott McTominay, Fred, Donny Van de Beek, Alex Telles, dan Eric Bailly juga dikaitkan dengan kemungkinan hengkang dari Old Trafford menjelang musim 2023/2024. Adapun kemungkinan masuknya, Ten Hag diyakini akan memprioritaskan penambahan penyerang tengah baru. Harry Kane, Victor Osimhen, Randal Kolo Muani, dan Lautaro Martinez di antara beberapa striker yang diyakini masuk dalam daftar pilihan MU.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement