Kamis 04 May 2023 07:06 WIB

Ini Rekor-Rekor yang Dibuat Haaland Bersama Man City

Haaland mencetak reko baru gol terbanyak dalam semusim Liga Primer Inggris.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester City Erling Haaland
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Penyerang Manchester City Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Braut Haaland telah memecahkan rekor sepanjang masa untuk gol terbanyak yang dicetak dalam satu musim Liga Primer Inggris. Ia mencetak gol ke-35 musim ini dalam kemenangan 3-0 Manchester City atas West Ham United pada Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Pemain berusia 22 tahun itu telah memecahkan banyak rekor di musim debutnya untuk The Citizens. Ia melampaui rekor 32 gol Mohamed Salah dalam satu musim yang berisi 38 pertandingan, lewat gol dalam kemenangan 4-1 atas Arsenal pada pekan lalu.

Baca Juga

Haaland kemudian mencetak golnya yang ke-50 di semua kompetisi ketika dia gawang Fulham akhir pekan lalu. Sekarang, dia telah mencatatkan namanya di buku sejarah sekali lagi dengan gol penting di Stadion Etihad melawan The Hammers.

Haaland sekarang memegang rekor Liga Premier sepanjang masa untuk gol terbanyak yang dicetak dalam satu musim, dengan gol ke-35, melampaui rekor sebelumnya dengan 34 gol yang dipegang oleh Andy Cole dan Alan Shearer. Cole mencetak 34 gol untuk Newcastle United di musim 1993-94, sebelum Shearer menyamai prestasi mencetak gol itu di musim berikutnya untuk membantu Blackburn Rovers meraih gelar Liga Premier.

Baik Cole dan Shearer mencetak 34 gol selama musim 42 pertandingan, dengan Shearer bermain di setiap pertandingan dan Cole tampil dalam dua pertandingan lebih sedikit. Sementara Haaland telah mencapai 35 gol setelah hanya 31 pertandingan dalam musim 38 pertandingan dan masih memiliki lima pertandingan lagi untuk menambah jumlah golnya.

Haaland telah menjadi pemain pertama dalam sejarah papan atas Inggris yang mencetak 35 gol dalam satu musim sejak Ron Davies mencetak 37 gol untuk Southampton pada musim 1966-67.

Selain itu, pemain nomor 9 City telah menyamai rekor Thierry Henry untuk gol kandang terbanyak yang dicetak dalam satu musim Liga Primer, dengan gol terbarunya melawan West Ham menjadi yang ke-22 hanya dalam 16 pertandingan liga di Stadion Etihad.

Haaland, yang diberi guard of honour oleh rekan setimnya setelah pertandingan, kini memiliki 51 gol luar biasa atas namanya hanya dalam 44 penampilan di semua turnamen musim ini, dan dia tetap bertahan dengan teriakan memecahkan rekor pencetak gol sepanjang masa yang dipegang oleh Dixie Dean.

Dia juga telah menulis ulang beberapa rekor Liga Champions, setelah hanya membutuhkan 27 pertandingan untuk mencapai 35 gol di kompetisi klub utama Eropa. Dia adalah pemain termuda yang mencapai 30 gol, mengalahkan penyerang Prancis Kylian Mbappe dengan selisih 116 hari.

Dia hanya menjadi pemain ketiga dalam sejarah yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions, saat City menang 7-0 atas RB Leipzig pada laga babak 16 besar pada 14 Maret lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement