Kamis 04 May 2023 11:27 WIB

Sheikh Jassim Dilaporkan Janjikan Dana Tambahan Sekitar Rp 14 Triliun Lebih untuk MU

Sheikh Jassim juga mau melunasi utang MU jika menjadi pemiliknya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani (kanan) sosok yang berminat mengakuisisi Manchester United (MU).
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani (kanan) sosok yang berminat mengakuisisi Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Calon pemilik Manchester United Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dilaporkan menjanjikan dana tambahan sebesar 800 juta poundsterling atau sekitar Rp 14 triliun lebih untuk investasi dalam infrastruktur MU. Sheikh Jassim ingin segera mengambil alih Setan Merah.

Saingan kuat Sheikh Jassim adalah Sir Jim Ratcliffe. Keduanya adalah favorit menjadi pemilik baru setelah keluarga Glazer. Namun Sheikh Jassim tampak gila-gilaan untuk membangun MU jika berhasil mengakuisisi klub. Mereka dilaporakan merencanakan mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan Kylian Mbappe dari PSG, Eduardo Camavinga dari Real Madrid, dan Kingsley Coman dari Bayern Munchen.

Baca Juga

Miliarder asal Qatar itu juga akan melunasi utang klub sebagai bagian dari pembelian 100 persen saham MU. Menurut City AM, dilansir dari Sportsmole, Kamis (4/5/2023), Sheikh Jassim juga menjanjikan tambahan 800 juta Poundsterling atau sekitar Rp 14 triliun lebih yang terpisah dari penawaran utama.

Laporan tersebut mengeklaim bahwa dana ekstra tersebut akan digunakan memperbaiki Old Trafford dan tempat latihan. Dua tempat tersebut dinilai sudah tertinggal dari para pesaingnya sejak beberapa tahun terakhir.

Calon pemilik tersebut akan menghabiskan uang besar demi merekrut pemain baru dan membantuk klub kembali ke puncak kejayaan di level domestik ataupun Eropa. Sheikh Jassim dikabarkan sedang mempertimbangkan mendekati Glazers secara langsung untuk mengadakan pembicaraan tentang akuisisi.

Adapun pesaing Sheikh Jassim, Ratchliffe mempunyai penawaran yang mungkin membuat Glazer tertarik. Sir Ratchliffe akan tetapi melibatkan Glazer di klub sebagai pemegang saham minoritas.

Raine Grup yang dipercaya oleh Glazer untuk proses penjualan saat ini sedang menilai penawaran yang masuk pada putaran ketiga termasuk dari Sheikh Jassim dan Sir Ratcliffe.

MU mengalami kemajuan di bawah asuhan Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda itu mempersembahkan trofi pertama MU dalam enam tahun terakhir dengan menjuarai Piala Carabao pada akhir Februari lalu. MU berpotensi menambah koleksinya karena akan tampil di final Piala FA melawan Manchester City.

MU juga berada di jalur yang tepat untuk kembali ke Liga Champions musim depan. Mereka duduk di posisi keempat klasemen Liga Inggris dan unggul tujuh poin dari tim peringkat kelima Liverpool.

MU berencana mendatangkan penyerang tengah dengan nama besar pada musim panas ini. Ten Hag ingin mendatangkan gelandang tengah dan bek tengah baru. Demi mendapatkan tambahan uang, MU diperkirakan akan menjual beberapa pemainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement