Kamis 04 May 2023 18:02 WIB

Livescore SEA Games; Diwarnai Sujud Syukur, Timnas Indonesia U-22 Bantai Myanmar U-22

Hampir setengah lusin bola bersarang ke gawang Myanmar.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain timnas Indonesia U-22 melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Myanmar U-22 pada babak penyisihan SEA Games 2023, Kamis (4/5/2023).
Foto: Dok. PSSI
Para pemain timnas Indonesia U-22 melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Myanmar U-22 pada babak penyisihan SEA Games 2023, Kamis (4/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KAMBOJA -- Satu kaki tim nasional Indonesia U-22 dipastikan sudah berada di semifinal SEA Games 2023 setelah mengalahkan timnas Myanmar pada lanjutan laga kedua Grup A di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023) petang WIB.

Pesta gol Garuda Nusantara 5-0 atas Myanmar hadir melalui Brace Ramadhan Sananta pada menit ke-31 dan menit ke-59 dengan tiga gol lain diciptakan Marselino Ferdinand, Fajar Fathur Rahman serta Titan Agung.

Baca Juga

Hasil yang tentu saja memberikan motivasi bagi Indonesia untuk terus melaju ke babak selanjutnya. Pun, memastikan skuad Indra Sjafri lolos jika ke fase selanjutnya apabila mengacu dari peluang negara lain di Grup A.

Timnas U-22 berada di peringkat satu dengan enam poin, unggul dua angka atas Kamboja yang berada di peringkat dua. Selanjutnya Merah Putih akan berhadapan dengan Kamboja dan Timor-Timur.

Sejak menit awal Indonesia secara mudah mengepung area pertahanan Myanmar. Witan Sulaiman kerap menebar ancaman ke gawang lawan hanya saja belum ada gol tercipta hingga 15 menit awal. 

Pendukung Merah Putih bersorak setelah Marselino Ferdinand melepas tendangan berkualitas dari luar kotak penalti pada menit ke-20 sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0. Ini jad gol keempat untuk pemain bernomor punggung 7 Marselino Ferdinand.

Momen heroik lain dalam gol awal Indonesia terlihat di pinggir lapangan, pelatih kepala Indra Sjafri beserta Bima Sakti merayakan gol dengan sujud syukur.

Sejauh ini Myanmar terlihat kesulitan membangun serangan. Beberapa percobaan armada Michael Feichtenbeiner dengan mudah dipatahkan lini tengah Garuda Muda.

Myanmar memang kerap kesulitan saat berjumpa dengan Indonesia. Dalam tiga pertemuan terakhir di SEA Games, Merah Putih kerap memetik kemenangan.

Sebaliknya Garuda Muda justru menunjukkan ketenangan saat memegang kendali permainan. Bahkan beberapa kali pemain bertahan Myanmar sampai harus melakukan pelanggaran keras.

Indonesia mendapat penalti pada menit ke-29 setelah Marselino dijatuhkan oleh pemain Myanmar di dalam kotak terlarang.

Menit ke-31 Ramadhan Sananta yang menjadi algojo dengan tenang menceploskan bola ke sisi kanan penjaga gawang lawan, skor 2-0 untuk Indonesia.

Pada interval kedua dominasi Indonesia semakin terasa. Pada menit ke-59, Ramadhan Sananta mencetak gol keduanya sekaligus mengubah papan skor menjadi 3-0 untuk keunggulan armada Indra Sjafri.

Dominasi Garuda Nusantara berlanjut setelah gol ketiga. Pada menit ke-74, Fajar Fathur Rahman melepas tendangan jarak jauh yang tak mampu dijangkau kiper Myanmar.

Pesta gol Indonesia berlanjut pada menit ke-87 Titan Agung memanfaatkan serangan balik. Mengandalkan kecepatan Titan Agung berhasil mengecoh bek lawan sebelum melepas tembakan mendatar ke gawang Myanmar.

Ancaman terakhir Indonesia datang dari Beckham Putra pada menit ke-90. Sayang tembak Beckham melebar tipis di sebelah kiri gawang lawan. Skor 5-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement