Sabtu 06 May 2023 11:40 WIB

Erick Thohir: Sistem VAR Mulai Digunakan di Pertengahan Musim Liga 1

Erick menilai VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi di laga sepak bola.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Israr Itah
[ilustrasi] Wasit mengecek video assistant referee (VAR) dalam sebuah laga. Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir VAR akan digunakan di Liga 1 musim 2023/2024 mulai pertengahan musim.
Foto: EPA/Friedemann Vogel
[ilustrasi] Wasit mengecek video assistant referee (VAR) dalam sebuah laga. Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir VAR akan digunakan di Liga 1 musim 2023/2024 mulai pertengahan musim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang berbeda dalam Liga 1 yang dijadwalkan kick off pada Juli mendatang. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan sistem Video Assistant Referee (VAR) mulai diberlakukan di Liga 1 musim 2023/2024. 

"Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan, tapi di pertengahan musim," ujar Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga

Erick menyampaikan kepastian penggunaan sistem VAR untuk Liga 1 2023/2024 merupakan kesepakatan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Erick menilai VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang acapkali terjadi dalam pertandingan sepak bola Indonesia.

Meski begitu, Erick menilai implementasi VAR tentu memerlukan waktu mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan. 

"Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim," jelas Erick.

Erick menyampaikan PSSI juga sedang berdiskusi dengan PT LIB terkait stadion mana yang menjadi percontohan untuk sistem VAR. Erick mengatakan pemerintah sendiri telah berkomitmen kepada FIFA untuk merenovasi 22 stadion melalui Kementerian PUPR.

"Paling tidak uji coba dulu, kita tidak bisa melakukan sesuatu langsung sempurna. Anggap saja  tahun ini percobaan dulu, tahun depan akan lebih maksimal. Kan semua membangun itu bertahap, tidak bisa langsung jadi. Saya orang yang sangat detail, saya ingin memastikan ini berjalan baik," kata Erick.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement