Selasa 09 May 2023 10:14 WIB

Tiga Pemain Naturalisasi Kamboja di Basket 3x3 Baru Ketahuan Saat Manajer Meeting

Kamboja meraih emas basket 3x3 putra Indonesia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Maskot SEA Games 2023 Kamboja
Foto: cambodia2023
Maskot SEA Games 2023 Kamboja

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Timnas basket 3x3 putra Filipina mengaku terkejut ketika mengetahui Kamboja akan menurunkan tiga pemain naturalisasi untuk di pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-32. Pelatih kepala Gilas Pilipinas 3x3 Lester Del Rosario mengatakan, mereka baru mengetahui daftar pemain Kamboja pada saat pertemuan para manajer tim atau menjelang turnamen basket 3x3 digelar.

"Sebenarnya saat kami mencari nama-nama pemain Kamboja, sulit karena mereka tidak merilis lineup," kata Del Rosario, dikutip dari SPIN.ph, Senin (8/5/2023).  

Baca Juga

"Ketika kami melihat barisan seperti itu, tidak ada yang bisa kami lakukan.  Di SEA Games, itu mungkin. Namundi Fiba Asia, itu tidak mungkin. Kami tidak melihatnya, karena apa yang tertulis di line up mereka berbeda.  Mereka tidak ada (pemain naturalisasi)," kata Del Rosario.

Del Rosario mengatakan tidak ada yang mengajukan protes karena langkah tersebut sesuai dengan peraturan yang ditetapkan untuk seluruh SEA Games selama Kamboja menjadi tuan rumah. Mereka mengatakan, untuk SEA Games, itu mungkin. "Kami tidak bisa berbuat apa-apa di sana," katanya.

Del Rosario mengatakan bahwa mereka sempat berpikir untuk memasukkan pemain naturalisasi Ange Kouame ke dalam tim 3x3. Namun ia hafus menjalani operasi.

"Mereka memberikan segalanya. Kami tidak dirugikan meskipun lawan semua orang Amerika, mereka semua ada di luar sana. Saya sangat bangga dengan mereka. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa kepada para pemain.  Ini hanya kebetulan bahwa kami menghadapi Kamboja.  Mereka baik-baik saja," kata Del Rosario. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement