Rabu 10 May 2023 15:55 WIB

Tiwi Mulai Terbiasa dengan Kondisi Lapangan dan Shuttlecock di SEA Games 2023

Tim bulu tangkis putri Indonesia menghadapi Thailand di final SEA Games 2023.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.
Foto: Dok Humas PBSI
Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, menyumbang poin dalam kemenangan telak Indonesia atas Filipina 3-0 pada babak semifinal bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023. Indonesia pun berhak tampil di partai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023.

Turun di partai kedua dalam laga di Badminton Hall Morodok Techno, Phnom Penh, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi mampu menundukkan ganda putri Filipina Aurah Mae Nicole Albo/Thea Marie Pomar dua gim langsung, 21-11 dan 21-12. 

Baca Juga

Tiwi, panggilan akrab Amalia Cahaya Pratiwi, menilai, performa di laga ini jauh lebih baik dibanding saat menyingkirkan pasangan ganda putri Kamboja, Cheng Huy/Seavty Teav, di babak perempat final. 

Kondisi ini tidak terlepas dari proses adaptasi dan penyesuaian terhadap kondisi lapangan dan shuttlecock di gelaran SEA Games 2023. Tidak hanya itu, Tiwi juga mengaku telah menyiapkan pola permainan guna menghadapi ganda putri Filipina.

''Kami bermain jauh lebih baik daripada laga kemarin karena sudah menyesuaikan kondisi lapangan dan shuttlecock. Kami juga sudah menyiapkan pola apa yang akan kami mainkan dengan mempelajari permainan lawan,'' kata Tiwi dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Rabu (10/5/2023).

Setelah interval gim kedua, Tiwi mengakui sempat memberikan keuntungan buat tim lawan lantaran melakukan berbagai kesalahan sendiri. ''Namun, setelah itu kami mencoba untuk tampil lebih tenang dan mencoba mengambil poin lagi,'' ujar pebulu tangkis kelahiran Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tersebut.

Hasil positif Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi ini melengkapi kemenangan yang ditorehkan tunggal putri Indonesia, Komang Ayu, di partai pembuka. Tim beregu putri Indonesia akhirnya memastikan satu tempat di partai final SEA Games 2023 usai tunggal putri kedua, Ester Nurumi Tri Wardoyo, mengalahkan tunggal putri Filipina, Maria Bianca Ysabel, di partai ketiga, 21-19, 21-9.

Indonesia pun berpeluang mengakhiri puasa raihan medali emas di bulu tangkis nomor beregu putri SEA Games, yang terentang sejak gelaran SEA Games 2007 silam. Namun, di partai final, Indonesia akan menghadapi lawan berat Thailand yang menyingkirkan Singapura 3-1.

Duel Indonesia dan Thailand di bulu tangkis beregu putri ini merupakan ulangan pada dua edisi terakhir SEA Games. Dalam dua edisi tersebut, Indonesia selalu gagal melewati adangan Thailand, termasuk saat urung mempersembahkan medali emas di SEA Games 2021 Vietnam karena takluk 0-3.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement