Jumat 12 May 2023 05:59 WIB

Gol Telat Sundulan Gatti Hindarkan Juventus dari Kekalahan Lawan Sevilla

Gol menit ketujuh injury time dari Gatti membuar skor Juventus vs Sevilla imbang 1-1.

Pemain Juventus Federico Gatti (tengah) merayakan gol ke gawang Sevilla untuk menyamakan skor 1-1 pada leg pertama semifinal Liga Europa.
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Pemain Juventus Federico Gatti (tengah) merayakan gol ke gawang Sevilla untuk menyamakan skor 1-1 pada leg pertama semifinal Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Federico Gatti mencetak gol melalui sundulan pada menit ketujuh tambahan waktu untuk membawa Juventus meraih hasil imbang 1-1 melawan Sevilla di kandang sendiri Stadion Allianz, dalam leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB. 

Raja Liga Europa, Sevilla, mengabaikan hujan deras dan tekanan fans Juventus di Stadion Allianz yang penuh sesak untuk mendominasi permainan. Mereka terlihat berada di jalur yang tepat untuk melanjutkan upaya meraih gelar ketujuh pada ajang ini, sebelum tendangan Gatti di detik-detik terakhir membuat pertandingan berakhir imbang.

Baca Juga

Sevilla memulai pertandingan dengan baik dan penjaga gawang Juve, Wojciech Szczesny, melakukan sebuah penyelamatan gemilang untuk menghentikan sundulan jarak dekat dari Youssef En-Nesyri. Lucas Ocampos gagal mencetak gol untuk tim tamu. Namun penyerang Maroko, En-Nesyri, mencetak gol melalui penyelesaian akhir yang apik dari jarak dekat pada menit ke-26, setelah sebuah serangan balik cepat yang diawali oleh Ocampos.

Sevilla seharusnya dapat memperbesar keunggulan mereka sebelum jeda, tapi En-Nesyri dan Ocampos menyia-nyiakan kesempatan bagus. Szczesny menggagalkan tendangan keras dari jarak jauh yang dilakukan oleh Ivan Rakitic dengan sebuah penyelamatan gemilang.

Juventus baru mencatatkan tendangan tepat sasaran pertama mereka pada menit ke-65 ketika pemain pengganti Samuel Iling Junior mencoba peruntungannya dari jarak jauh dengan tendangan pelan yang dengan mudah ditepis oleh penjaga gawang Sevilla, Yassine Bounou.

Juventus mendapatkan semangat dari pemain pengganti Federico Chiesa, yang masih dalam proses pemulihan dari cedera panjang, dan menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir pertandingan.

Chiesa memenangkan tendangan sudut, Paul Pogba menyundul bola ke dalam kotak penalti yang penuh sesak dan Gatti melompat tinggi untuk mencetak gol penyama kedudukan.

"Kami membuat beberapa pilihan yang salah di lini depan dan Sevilla tahu bagaimana menghadapi kami malam ini dengan mentalitas yang baik," kata pelatih Juventus Massimiliano Allegri kepada Rai, dikutip Reuters.

"Itu bagus bahwa kami bertahan untuk beberapa waktu dan tidak berakhir dengan ketertinggalan 2-0. Sekarang di Sevilla ada kesempatan untuk mendapatkan hasil."

Kedua tim akan bertemu kembali di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan sepekan mendatang dengan pemenang akan bertemu dengan AS Roma atau Bayer Leverkusen di final pada 31 Mei di Budapest.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement