Ahad 14 May 2023 08:16 WIB

Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final SEA Games 2023, Iwan Bule Bilang Begini

Iwan Bule bangga melihat determinasi yang ditunjukkan awak timnas Indonesia U-22.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Mantan Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.
Foto: Republika/ Afrizal Rosikhul Ilmi
Mantan Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pihak mengapresiasi perjuangan tim nasional (timnas) Indonesia U-22 pada SEA Games 2023 di Kamboja. Skuad polesan Indra Sjafri menembus final cabang olahraga sepak bola putra.

Indonesia menang 3-2 atas timnas Vietnam U-22 di semifinal. Pada menit ke-60, Garuda Muda bermain dengan 10 orang. Pratama Arhan mendapat kartu merah.

Baca Juga

Sejak saat itu, kubu lawan yang sementara tertinggal 1-2, memegang kendali. Vietnam mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Anak asuh Philippe Troussier di atas angin.

Di luar dugaan, Indonesia berhasil kembali unggul pada injury time. Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merespons hal ini. Ia bangga melihat determinasi yang ditunjukkan awak merah-putih.

"Terima kasih kerja kerasnya anak-anakku," kata tokoh yang akrab disapa Iwan Bule di story Instagramnya, Ahad (14/5/2023).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI saat ini, Erick Thohir terharu melihat perjuangan timnas Indonesia U-22. Erick yang nonton langsung di lokasi pertandingan, tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Ia merasa Rizky Ridho dan rekan-rekan memperlihatkan karakter asli nusantara.

Dengan segala kekurangan saat laga berjalan, tantangan bisa diatasi. Hasil manis mampu dipetik. Menurut Erick, dalam partai seperti ini, faktor mental sangat berperan.

Apalagi Garuda Muda mendapat tekanan hebat di setengah jam terakhir. Ia merasakan adanya bantuan doa seluruh penggemar sepak bola tanah air.

"Tadi yang bikin saya terharu, main 10 pemain, lalu kita kebobolan oleh diri kita sendiri, pasti, perpanjangan waktu, kita habis," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Tiket final diraih dengan pantas. Perjuangan belum berakhir. Saatnya mempersiapkan diri menuju fase selanjutnya.

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand U-22. Duel tersebut berlangsung di Stadion Olympic, Selasa (16/5/2023), pukul 19.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement