Selasa 16 May 2023 08:46 WIB

Juventus Bayar Pogba Rp 1 Miliar Setiap Menit Bermain pada Musim Ini

Pogba hanya bermain selama 161 menit sepanjang musim ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Gelandang Juventus Paul Pogba
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Gelandang Juventus Paul Pogba

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Paul Pogba kembali terjatuh di lubang yang sama. Cedera terus menghantuinya. Teranyar ia terkapar saat menjadi starter Juventus menghadapi Cremonese pada giornata ke-35 Serie A musim 2022/23. Juve unggul 2-0. Kemenangan yang dibayar mahal.

Pogba hanya mentas selama 21 menit. Setelahnya, ia terkapar. Pelatih Massimiliano Allegri lantas menariknya. Ada masalah di pahanya. Fakta ini membuat situasi kontrak sang gelandang kembali ditelisik. Sebab cederanya berarti pukulan telak untuk Bianconeri dari segi bisnis karena harus mengeluarkan uang tanpa mendapatkan jasanya.

Baca Juga

Pogba kembali ke Turin dengan status bebas transfer pada musim panas 2022. Sebelumnya ia membela Manchester United. Di Juve periode kedua, ia menandatangani kontrak empat tahun.

Setiap musim, ia mendapat gaji bersih delapan juta euro (Rp 128 miliar). Masih ada tambahan dua juta euro (Rp 32 miliar), dalam bentuk bonus, dan sebagainya. Sayangnya, klub tidak mendapatkan servis ideal dari pria Prancis tersebut.

Pada awal petualangan keduanya di Juventus, Pogba mengalami cedera lutut parah. Tepatnya ketika ia mengikuti tur pramusim Bianconeri di Amerika Serikat.  Agar bisa bermain di Piala Dunia 2022, ia mengabaikan saran dokter klub yang mengharuskannya naik meja operasi.

Rupanya terapi pemulihan Pogba tidak berjalan efektif. Kurang dari dua bulan kemudian, yang bersangkutan akhirnya dioperasi. Sejak saat itu, ia lebih banyak menjadi penonton rekan-rekannya bertempur di lapangan. Ia bahkan dipastikan gagal membela Les Bleus di Qatar.

Menurut La Gazzetta dello Sport, Pogba hanya tampil selama 161 menit di semua kompetisi musim ini. Perinciannya, sebanyak 108 menit di Serie A, 42 menit di Liga Europa, kemudian 11 menit di Coppa Italia. 

"Dengan demikian, setiap menit permainannya menelan biaya sekitar 65 ribu euro (Rp 1,05 miliar). Investasi yang sangat mengecewakan bagi Juventus," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Selasa (16/5/2023).

Petualangan Pogba di musim ini telah berakhir. Ia harus memulihkan cedera ototnya. Belum diketahui kapan ia kembali ke pelatihan.

"Dia berharap mencapai kebugaran penuh dalam beberapa bulan mendatang," tambah laporan dari Football Italia.

Juventus akan menghadapi tuan rumah Sevilla pada leg kedua semifinal Liga Europa. Duel tersebut berlangsung di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement