Rabu 17 May 2023 09:27 WIB

Maldini Akui Skuad AC Milan Belum Didesain untuk Tampil Maksimal di Dua Turnamen

Milan akan berusaha finis di empat besar agar berlaga di Liga Champions musim depan.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Direktur AC Milan Paolo Maldini (kanan)
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Direktur AC Milan Paolo Maldini (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan harus mengakhiri kiprah di pentas Liga Champions musim ini pada babak semifinal. Dalam leg kedua babak semifinal, I Rossoneri dipaksa mengakui keunggulan rival sekota mereka Inter Milan 0-1, Rabu (17/5/2023) dini hari WIB. I Rossoneri pun kalah telak 0-3 secara agregat dari Inter.

Direktur Teknik AC Milan, Paolo Maldini mengakui, pada musim ini skuad I Rossoneri belum dibangun untuk bisa tampil apik di dua turnamen sekaligus. Kondisi ini, ujar Maldini, sudah diketahui oleh RedBird Capital Owners selaku pemilik saham mayoritas Milan.

Baca Juga

"Jadi, mereka tentu tahu soal ini. Perjalanan ini dibangun empat tahun lalu dengan membangun fondasi tim. Kini, di level ini, ada sedikit perbedaan dengan Inter Milan dalam hal pengalaman,'' kata Maldini seperti dilansir Football Italia, Rabu (17/5/2023).

Mantan pemain bertahan dan kapten AC Milan itu merujuk upaya I Rossoneri untuk bisa bangkit usai mengalami keterpurukan pada periode 2013 hingga 2017. Gonta-ganti pemilik membuat Milan kesulitan untuk bisa bersaing di papan atas, baik di pentas Liga Italia maupun di kompetisi Eropa.

Secara perlahan, Milan pun mulai bangkit. Puncaknya kala berhasil merengkuh Scudetto musim lalu. Milan juga kembali tampil di Liga Champions kendati harus puas mengakhiri kiprah di fase grup pada musim lalu. Maldini pun berharap, para pemilik klub bisa kembali mengucurkan dana transfer untuk bisa meningkatkan kualitas tim utama AC Milan dengan perekrutan pemain anyar.

''Anda tidak bisa pernah puas di AC Milan, hal itu tidak diperbolehkan. Saya rasa, ada peluang yang bisa kami manfaatkan. Finis di babak semifinal bisa memberikan keuntungan dari segi finansial. Jadi, kami harus melakukan investasi lagi agar bisa finis di empat besar dan mengulangi capaian ini pada musim depan,'' ujar Maldini.

Kendati AC Milan gagal melangkah ke partai final Liga Champions, Maldini menilai, perjalanan tim besutan Stefano Pioli pada musim ini cukup mengejutkan. Kini, Maldini berharap, AC Milan bisa berakhir di empat besar Liga Italia dan kembali tampil di Liga Champions musim depan.

Dengan koleksi 61 poin dari 35 laga, Milan masih terpuruk di peringkat kelima. Namun, I Rossoneri memiliki peluang untuk finis di empat besar apabila Juventus, yang duduk di peringkat kedua, mendapatkan sanksi pengurangan poin yang sempat ditangguhkan, lantaran dugaan manipulasi laporan keuangan. 

''Musim ini belum benar-benar berakhir, karena kami masih harus berusaha finis di empat besar Liga Italia. Kami juga akan melihat dan menanti apa yang akan terjadi dengan Juventus,'' tutur Maldini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement