Kamis 18 May 2023 17:41 WIB

Mengenal Mas Eko, Asisten Indra Sjafri yang Bawa Timnas U-22 Terbang Tinggi di SEA Games

Eko adalah produk Primavera yang melegenda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Asisten pelatih, Eko Purjianto (kanan) ikut terlibat dalam latihan timnas Indonesia.
Foto: Antara
Asisten pelatih, Eko Purjianto (kanan) ikut terlibat dalam latihan timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sempat melakukan perombakan di tubuh tim pelatih Garuda Muda sebagai bagian dari persiapan Garuda Nusantara berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Salah satunya adalah menunjuk Eko Purjianto sebagai asisten pelatih.

Selain Mas Eko, demikian ia biasa disapa, Indra juga menunjuk Bima Sakti, Sahari Gultom, dan Kurniawan Dwi Yulianto untuk bisa bergabung dalam tim pelatih Timnas Indonesia U-22. Penunjukan ini dilakukan pelatih asal Sumatra Barat itu tepat dua bulan sebelum Marselino Ferdinan dan kawan-kawan terbang ke Kamboja.

Baca Juga

Hasilnya, Indonesia meraih hasil maksimal di cabang sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja. Keberhasilan menekuk Thailand U-22, 5-2, di partai final, Selasa (16/5/2023) malam WIB, membawa Indonesia mengakhiri puasa raihan emas di gelaran SEA Games, yang terentang selama 32 tahun.

Kesuksesan ini rasanya tidak terlepas dari kontribusi kehadiran para asisten pelatih, yang menopang kerja Indra Sjafri sebagai pelatih utama. Salah satunya adalah Eko Purjianto. Mantan pelatih Persis Solo ini bukanlah wajah baru di Timnas Indonesia.

Saat masih menjadi berkiprah sebagai pesepak bola profesional, pemain bertahan ini telah mengoleksi 29 caps bersama Timnas Indonesia, tepatnya pada 1999 hingga 2001. Mengantarkan Tim Garuda tampil di partai final Piala AFF pada 2000 menjadi prestasi terbaik Eko bersama Timnas Indonesia.

Setelah mengantongi lisensi kepelatihan, Eko pun sempat berkiprah di Timnas Indonesia. Pelatih kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 47 tahun silam tersebut menjadi bagian dari tim pelatih Timnas Indonesia U-19 pada pertengahan 2013 silam. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 ditangani oleh Indra Sjafri.

Dengan begitu, SEA Games 2023 menjadi kesempatan kedua pelatih pemegang lisensi A ini bekerjasama dengan Indra Sjafrid di Timnas Indonesia. 

Dalam sebuah wawancara pada Maret silam, Eko mengaku dihubungi langsung oleh Indra Sjafri untuk bisa bergabung bersama tim pelatih Timnas Indonesia U-22, yang tengah dipersiapkan tampil di SEA Games 2023.

Eko pun langsung menyambut baik ajakan Indra tersebut. Kesempatan membantu Timnas Indonesia, kata Eko, layaknya memenuhi panggilan negara. 

Menilik posisi bermainnnya saat aktif menjadi pemain, bek jebolan program primavera pada 1996 itu mendapatkan tugas untuk meningkatkan performa lini belakang Timnas Indonesia U-22, yang dipimpin Rizky Ridho, di SEA Games 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement