Kamis 18 May 2023 22:06 WIB

Suporter Indonesia Tumpah Ruah Sambut Kepulangan Timnas Indonesia U-22 di Bandara

Setelah penyambutan, besok pagi akan ada parade juara Timnas U-22 dari SUGBK.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Sepakbola Indonesia U-22 Ramadhan Sananta bersama pemain lainnya tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (18/5/2023). Timnas Sepakbola Indonesia U-22 bersama sejumlah atlet  lainnya kembali ke Tanah Air usai bertanding pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Timnas Sepakbola Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Timnas Thailand dengan skor 5-2 pada babak final SEA Games 2023 Kamboja.  Kemenangan tersebut merupakan sejarah bagi Timnas sepakbola untuk pertama kalinya meraih medali emas setelah penantian selama 32 tahun. Sementara, pada perhelatan pesta olahraga tertinggi se-Asia Tenggara tersebut, Indonesia berhasil keluar menjadi negara peraih medali terbanyak ketiga setelah Vietnam dan Thailand dengan jumlah perolehan medali sebanyak 276 medali, terdiri dari 87  emas, 80 perak dan 109 perunggu.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Timnas Sepakbola Indonesia U-22 Ramadhan Sananta bersama pemain lainnya tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (18/5/2023). Timnas Sepakbola Indonesia U-22 bersama sejumlah atlet lainnya kembali ke Tanah Air usai bertanding pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Timnas Sepakbola Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Timnas Thailand dengan skor 5-2 pada babak final SEA Games 2023 Kamboja. Kemenangan tersebut merupakan sejarah bagi Timnas sepakbola untuk pertama kalinya meraih medali emas setelah penantian selama 32 tahun. Sementara, pada perhelatan pesta olahraga tertinggi se-Asia Tenggara tersebut, Indonesia berhasil keluar menjadi negara peraih medali terbanyak ketiga setelah Vietnam dan Thailand dengan jumlah perolehan medali sebanyak 276 medali, terdiri dari 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepastian tim nasional (timnas) Indonesia U-22 menjadi juara pada ajang cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2023 mendapat reaksi positif dari seluruh pecinta kulit bundar Tanah Air.

Skuad Garuda Muda tiba dari Phnom Penh, Kamboja di Bandara Soekarno Hatta (Terminal 3)  menggunakan Garuda Indonesia (GA 8580) malam ini. 

Baca Juga

Salah satu pendukung Ultras Garuda, Saefulloh mengatakan, mengawal kepulangan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Itu merupakan bagian dari rasa terima kasih yang ingin disampaikan para pendukung atas pencapaian bersejarah Indonesia.

"Ada penyambutan di bandara (Soetta). Kurang lebih dari kami (Ultras Garuda) akan datang sekitar 50 orang," kata Saefulloh melalui pesan singkat kepada republika.co.id, Kamis (18/5/2023).

Saefulloh sejatinya tergabung dalam bagian Ultras Garuda ketika laga final Indonesia versus Thailand berlangsung di Stadion Olimpiade, Phnom Penh.

Tak hanya Ultras Garuda, pendukung pun suporter lain yang mengatasnamakan La Grande Indonesia juga turut memberikan dukungan kepada anak asuh Indra Sjafri.

"Ini adalah bukti dari janji setia kami terhadap Garuda. Kami bangga atas pencapaian timnas U-22. Kita akan siapkan ucapan terima kasih berupa banner dan kalung bunga setibanya mereka di Jakarta," sambung pria yang akrab disapa Iful ini

Sebelumnya timnas U-22 mengakhiri penantian medali emas selama 32 tahun dari cabang olahraga sepak bola, berkat kemenangan 5-2 atas Thailand pada pertandingan final yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Selasa malam.

Garuda Muda tidak memperoleh kemenangan itu dengan mudah, setelah unggul 2-0 pada babak pertama, tim berjuluk Gajah Perang mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 menjelang waktu normal usai.

Namun Garuda Muda kemudian mampu mengamankan medali emas berkat tiga gol tambahan pada masa perpanjangan waktu.

Penantian panjang selama 32 tahun akhirnya berakhir. Iful merupakan salah satu dari jutaan orang yang menanti keberhasilan timnas menjuarai keping emas sejak terakhir kali didapat pada SEA Games 1991 Manila.

Kini target kedepannya yang dirapalkan pendukung Merah Putih adalah tampil semaksimal mungkin pada hajat olahraga sepak bola berikutnya.

"Kami sangat bangga untuk perjuangan timnas U-22. Semoga hasil positif ini berlanjut ke Piala Asia nanti dan sepak bola Indonesia menuju lebih baik. Kami akan terus mengawal menuju kejayaan kembali," kata dia.

Lebih lanjut rute parade timnas Indonesia akan dimulai dari Stadion Utama GBK. Setelah itu kendaraan yang membawa timnas U-22 akan melaju menuju Jalan Sudirman, MH Thamrin dan Bundaran HI sebelum kembali ke SUGBK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement