Sabtu 20 May 2023 13:15 WIB

Mikel Arteta Diminta Jelaskan Situasi Granit Xhaka

Granit Xhaka disebut-sebut akan hengkang dari Arsenal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani
Granit Xhaka kontraknya akan segera habis di Arsenal. (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Granit Xhaka kontraknya akan segera habis di Arsenal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, FOREST -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta diminta menjelaskan situasi Granit Xhaka. Nama terakhir disebut-sebut bakal hengkang dari the Gunners.

Kontrak Xhaka di Stadion Emirates sampai Juni 2024. Tersisa semusim lagi. Beredar kabar, sang gelandang telah menjalin komunikasi dengan Bayer Leverkusen.

Baca Juga

Arsenal akan menghadapi tuan rumah Nottingham Forest dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2022/23. Duel tersebut berlangsung di City Ground, menjelang Ahad (21/5/2023) dini hari WIB. Saat bertemu awak media jelang partai tersebut, Arteta ditanya seputar kejelasan masa depan wakil kapten timnya itu.

Pria Spanyol ini menegaskan, Xhaka selalu bagian dari rencananya. Terbukti sepanjang musim ini bergulir, sosok berkebangsaan Swiss itu sudah mentas di 45 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang.

Menurut Arteta, Xhaka sangat dihormati di klub ini. Seseorang yang pernah melewati fase sulit dan bangkit dengan prestasi di lapangan. Sang arsitek enggan menyinggung perihal detail kontrak.

"Dia bagian kunci dan sangat penting untuk skuad kami. Apa pun yang terjadi adalah sesuatu yang pasti tidak akan kami bahas sekarang," kata Arteta, dikutip dari laman resmi klubnya, Sabtu (20/5/2023).

Arsenal berada di posisi kedua klasemen sementara. Dengan mengantongi 81 poin, the Gunners tertinggal empat angka di belakang Manchester City di singgasana. The Gunners sudah menyelesaikan 36 pertandingan.

The Citizens baru bermain di 35 partai. Artinya, anak asuh Arteta wajib memenangkan semua laga tersisa. Termasuk di City Ground ini.

Hasil seri saja sudah membuat rival mereka di atas angin. Sang arsitek mulai realistis. Secara matematis kubu Meriam London masih bisa finis teratas, namun peluangnya sangat kecil.

"Jelas tim, para pemain, semua orang di sekitar klub layak mendapat pujian besar atas seberapa jauh kami melangkah di musim ini. Tapi jangan lupa masih ada dua pertandingan yang sangat penting untuk kami mainkan," ujar Arteta.

Ia mengakui di momen-momen tertentu mereka terlalu mudah kehilangan poin. Sebuah pembelajaran berkelas menuju musim depan.

Diisukan bakal hengkang, Granit Xhaka telah membela Arsenal dalam 45 laga sepanjang musim 2022/2023 bergulir. Ia hanya tertinggal satu angka di belakang Bukayo Saka (46), sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama the Gunners.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement