Sabtu 20 May 2023 20:39 WIB

Tottenham Terkena Comeback Takluk dari Brentford di Liga Primer Inggris

Tottenham yang lebih dulu unggul takluk 1-3 dari Brentford.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Laga Tottenham Hotspur vs Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Laga Tottenham Hotspur vs Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Brentford berhasil mencuri kemenangan saat melawat ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, Sabtu (20//5/2023) malam WIB. Sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, The Bees bangkit untuk menutup laga dengan keunggulan 3-1.

Dengan hasil ini, Tottenham menelan kekalahan beruntun dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, The Lilywhites dibekap Aston Villa 1-2. Kegagalan memetik poin di dua laga tersebut pun membuat Tottenham tertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Sebaliknya, The Bees mampu melanjutkan tren positif performa. Kemenangan di Stadion Tottenham Hotspur ini melengkapi kemenangan Brentford saat membungkam West Ham, 2-0, akhir pekan lalu. Brentford pun bertengger di 10 besar klasemen sementara Liga Primer Inggris, tepatnya pada posisi kesembilan.

Jalannya pertandingan

Tim tuan rumah telah mencatatkan keunggulan saat laga menginjak menit kedelapan. Kapten sekaligus penyerang andalan Tottenham, Harry Kane, mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang asal Inggris itu memaksimalkan sebuah kesempatan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Brentford.

Setelah menerima sodoran bola dari Dejan Kulusevksi, Kane melepaskan sepakan melengkuh dan mengarahkan bola sisi pojok kanan atas gawang Brentford. Bola pun bersarang mulus tanpa bisa dijangkau penjaga gawang The Bees, David Raya. Ini menjadi gol ke-28 Kane di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Brentford, yang berharap bisa bertahan di 10 besar Liga Primer Inggris musim ini, tidak mau kehilangan potensi raihan poin di markas Spurs. Tim besutan Thomas Frank itu langsung berupaya membalas dengan langsung menekan pertahanan tim tuan rumah. Namun, kondisi ini mampu dimanfaatkan Tottenham.

The Lilywhites justru mampu mendapatkan sejumlah kesempatan untuk bisa menggandakan keunggulan via skema serangan balik cepat. Salah satunya saat Raya mampu menghalau serangan cepat Spurs yang dibangun oleh Son Heung-min dan Kane. Hingga laga memasuki menit ke-40, serangan Spurs terbukti jauh lebih efektif ketimbang Brentford. 

Dari lima tembakan yang dilepaskan para penggawa Spurs, empat tembakan tepat terarah ke gawang Brentford. Di sisi lain, The Bees tidak pernah melepaskan tembakan tepat ke arah gawan, meski telah melepaskan empat tembakan. Akhirnya, gol Kane menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama di laga ini.

Keunggulan Tottenham, yang terjaga sejak awal babak pertama, buyar saat babak kedua baru berjalan lima menit. Bryan Mbeumo memaksimalkan umpan dari Yoanne Wissa. Sepakan Mbeumo bersarang di pojok kiri gawang The Lilywhites tanpa bisa dijangkau kiper Spurs, Fraser Forster.

The Bees mampu mengejutkan tim tuan rumah. Brentford berbalik unggul pada menit ke-62. Mbeumo mencetak gol kedua di laga ini. Kali ini, penyerang asal Prancis itu memaksimalkan serangan cepat The Bees. Menerima umpan terobosan dari Aaron Hickey di sisi kiri pertahanan Spurs, Mbeumo langsung merangsek ke dalam kotak penalti.

Dari sudut sempit, Mbeumo kemudian melepaskan sepakan mendatar terarah ke pojok kanan bawah gawang Spurs. Laju bola sepakan Mbeumo terlalu cepat untuk bisa dijangkau Forster. Dengan tambahan dua gol di laga tersebut, Mbeumo telah mencetak sembilan gol di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Tottenham tidak kunjung menemukan celah di lini belakang Brentford dan mencetak gol balasan. Pelatih Tottenham Ryan Mason, melakukan dua pergantian pemain pada menit ke-75, termasuk dengan memasukan Richarlison untuk menggantikan Dejan Kulusevski. Namun, pergantian pemain ini tidak kunjung membuahkan hasil positif.

Brentford malah mampu menggandakan keunggulan. Kesalahan Olivier Skipp, yang gagal mengendalikan bola di depan kotak penalti, dimanfaatkan oleh para pemain The Bees. Mbeumo merebut kendali bola dan langsung mengarahkan bola ke Yoanne Wissa, yang berada di depan mulut gawang Tottenham.

Wissa dengan mudah menaklukan Forster dan membawa The Bees unggul dengan selisih dua gol saat laga memasuki menit ke-88. Tottenham mendapatkan peluang emas untuk bisa memangkas selisih gol tersebut pada menit pertama babak injury time. Namun, bola hasil sundulan Richalirson masih mampu ditepis Raya. Brentford pun mampu menjaga keunggulan, 3-1, hingga laga usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement