Senin 22 May 2023 12:05 WIB

Indra Sjafri Ditunjuk Jadi Pelatih di Asian Games, Pengamat Ungkap Prediksi Soal STY

Bukan tak mungkin, Shin Tae-yong akan lebih termotivasi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan Indra Sjafri. Ketum PSSI Erick Thohir telah menetapkan Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2022 pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Cina menggantikan Shin Tae-yong.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan Indra Sjafri. Ketum PSSI Erick Thohir telah menetapkan Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2022 pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Cina menggantikan Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketum PSSI Erick Thohir telah menetapkan Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2022 pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Cina, menggantikan Shin Tae-yong. Kepercayaan yang diberikan oleh Erick kepada Indra tersebut tak lepas dari prestasi tim asuhan Indra Sjafri yang membawa pulang emas di SEA Games 2023 Kamboja. 

Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo mengatakan, wajar Ketum PSSI memberikan kepercayaan kepada Indra setelah melihat prestasi pelatih asal Sumatra Barat itu mematahkan kutukan Indonesia sebagai langganan runner-up. Terlebih, kemenangan Indonesia diraih saat menghadapi Thailand yang merupakan lawan terberat di ajang dua tahunan tersebut. 

Baca Juga

"Jika keberhasilan Indra Sjafri membawa Indonesia juara SEA Games dijadikan ukuran PSSI untuk mempercayakan dia sebagai pelatih timnas untuk Asian Games sah-sah saja. Paling tidak catatannya di SEA Games cukup bisa jadi jaminan," kata Kesit saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (21/5/2023).

Asian Games 2022 yang sebelumnya tertunda akibat pandemi COVID-19 akan digelar pada 23 September - 8 Oktober 2023. Tak berselang lama, Timnas Indonesia senior akan mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12-17 Oktober. Untuk itu, pelatih Shin Tae-yong ditugaskan untuk fokus mempersiapkan tim pada ajang tersebut. 

Kesit menanggapi kemungkinan jika peran pelatih asal Korea Selatan itu perlahan tergeser oleh Indra Sjafri jika tak kunjung memberikan prestasi pada Timnas Indonesia. Pasalnya, dengan tangan dingin Indra Sjafri, Indonesia berhasil menaklukkan Thailand dengan skor telak 5-2 yang belum pernah dilakukan oleh Shin Tae-yong selama menangani timnas Indonesia. 

"Ya bisa saja (geser STY), who knows?" kata Kesit.

Di samping itu, Kesit tidak menaruh harapan terlalu besar kepada Timnas Indonesia di Asian Games 2022 (2023) nanti. Tapi ia berharap setidaknya skuad Garuda tidak tampil memalukan pada ajang tersebut. "Setidaknya jangan tampil memalukan karena bersaing di tingkat Asia pastinya beda," kata dia. "Jadi ya realistis saja," ujarnya menambahkan. 

Tak jauh berbeda, Koordinator Save our Soccer (SoS) Akmal Marhali mengatakan, prestasi gemilang Indra Sjafri harus dilanjutkan bersama skuad yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja kemarin. Menurutnya tidak menutup kemungkinan jika Shin Tae-yong tergeser oleh Indra dan baginya itu adalah hal yang wajar karena federasi menginginkan prestasi untuk Timnas Indonesia. 

"Bisa saja (posisi STY tergeser). Sangat tergantung kebijakan federasi. Pergantian pelatih hal yang biasa di sepak bola," kata Akmal saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (21/5/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement