Senin 22 May 2023 15:48 WIB

Indonesia akan Lawan Argentina, Pengamat: Bagus untuk Asah Mental Jelang Piala Asia 2023

Laga vs Argentina juga akan lebih mendongkrak euforia masyarakat Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Argentina saat meraih trofi Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Para pemain timnas Argentina saat meraih trofi Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi juara Piala Dunia 2022 Argentina dalam FIFA Matchday Juni 2023. Kepastian itu terkonfirmasi setelah Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memastikan Indonesia akan menjadi lawan Argentina dalam tur Asia.

Rencananya, pertandingan akan digelar pada 19 Juni 2023 setelah timnas Argentina menghapai Australia 15 Juni 2023.

Baca Juga

Pengamat sepak bola Yusuf Kurniawan menilai melawan Argentina cukup bagus untuk mengasah mental pemain Indonesia menghadapi tim top jelang Piala Asia 2023. Apalagi Indonesia tergabung di grup berat di Piala Asia 2023, yakni Grup D yang diisi Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Ya boleh juga," ujar Yusuf kepada Republika.co.id saat menjawab manfaat laga terhadap penguatan mental pemain Indonesia, Senin (22/5/2023).

Namun Yusuf juga menilai jika tujuannya untuk mengembangkan permainan timnas, sebaiknya bertanding dengan tim yang satu tingkat di atas Indonesia. Kecuali melawan Argentina, Indonesia akan mengasah cara bertahan.

Yusuf mencontohkan pengalaman skuad Garuda yang pernah melawan Uruguay dan Belanda. Indonesia kalah telak dari dua tim top tersebut. Kedatangan Argentina ke Indonesia, lanjut dia, hanya lebih mendongkrak kepada euforia masyarakat sepak bola.

Menurut Yusuf, level Argentina terlalu tinggi bagi Indonesia. Karena itu, ia yakin tak akan membawa dampak besar terhadap permainan timnas.

"Jadi, kalau dari sisi permainan, sebenarnya lebih bermanfaat jika kita tanding lawan-lawan yang satu tingkat di atas saja. Kemungkinan kita berkembang lebih besar, kesempatan untuk curi poin juga terbuka," kata Yusuf.

Belum dipastikan apakah kapten timnas Argentina, Lionel Messi, akan ikut dan bermain melawan Indonesia. Namun AFA memasang poster bintang-bintangnya dalam tur ke Asia, yakni Lionel Messi, Angel Di Maria, Launtaro Martinez, Julian Alvarez, dan Emiliano Martinez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement