Senin 22 May 2023 23:22 WIB

Wasit Final Piala Dunia 2022 Pimpin Final Liga Champions 2023

Szymon Marciniak menuai pujian dalam penampilannya mewasiti laga Argentina vs Prancis

Wasit Polandia Szymon Marciniak akan memimpin laga final Liga Champions 2023.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Wasit Polandia Szymon Marciniak akan memimpin laga final Liga Champions 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Setelah menjadi wasit final Piala Dunia pada bulan Desember, Szymon Marciniak dari Polandia terpilih pada Senin (22/5/2023) untuk memimpin final Liga Champions antara Manchester City dan Inter Milan. UEFA memilih Marciniak untuk menyelesaikan sebuah prestasi langka pada 10 Juni di Istanbul, yaitu menjadi wasit final terbesar di tim nasional dan sepak bola klub Eropa pada musim yang sama.

Pria asal Polandia berusia 42 tahun ini menuai pujian atas performanya saat memimpin laga final Piala Dunia Argentina vs Prancis yang berakhir dengan adu penalti di Doha, Qatar. Ia mengikuti jejak wasit Inggris Howard Webb yang pertama kali memimpin laga final Piala Dunia-Liga Champions pada 2010.

Baca Juga

Marciniak menangani pertandingan dengan kedua finalis Liga Champions di babak gugur, kemenangan 4-0 Manchester City atas Real Madrid di semifinal dan hasil imbang 0-0 Inter Milan lawan Porto pada babak 16 besar.

UEFA juga memilih wasit untuk tiga laga final lainnya. Anthony Taylor dari Inggris akan menjadi wasit pada laga final Liga Europa antara Sevilla dan AS Roma pada 31 Mei di Budapest, Hungaria.

Pada usia 47 tahun, Carlos del Cerro Grande dari Spanyol akan memimpin final Eropa pertamanya dalam pertemuan antara Fiorentina dan West Ham di Liga Konferensi Europa pada 7 Juni di Praha.

Cheryl Foster dari Wales akan menjadi wasit pada final Liga Champions Wanita antara Barcelona dan Wolfsburg pada 3 Juni di Eindhoven, Belanda. Untuk pertandingan tersebut, semua ofisial pertandingan adalah wanita kecuali spesialis video review Massimiliano Irrati dari Italia.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement