Selasa 23 May 2023 16:11 WIB

Selama SEA Games 2023, Ternyata Banyak Warga Kamboja 'Memuja' Kontingen Indonesia

Bagi warga Kamboja, Indonesia adalah negara yang adidaya di Asia Tenggara.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penggawa timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Penggawa timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petualangan para atlet Indonesia di SEA Games Kamboja 2023 bukan hanya menghasilkan prestasi. Lebih dari itu, aksi mereka seperti memberi energi positif.

Terbukti, pendukung tuan rumah disebut-sebut menyukai sepak terjang Rizky Ridho dan rekan-rekan. Olahraga faavorit di Kamboja adalah Voli dan sepak bola. Dari dua cabang olahraga tersebut, Indonesia meraih medali emas.

Baca Juga

Akun twitter @glorindra menyinggung fakta atlet-atlet kita mendapat pujian setinggi langit. Mereka sampai mencari penyebab mengapa Indonesia terlihat kuat. Pertama karena kebiasaan tidak meminum alkohol.

Kemudian, menjalankan aturan agama. Sektor pendidikan kuat. Berikutnya, nasionalisme. Ada sesuatu yang dianggap bisa memberi pelajaran berharga untuk para atlet Kamboja.

"Pas Indonesia vs Thailand kemarin banyak banget yang dukung Indonesia, karena emang sana (hubungan Kamboja) panas banget sama Thailand, dan mereka lebih respect ke Indonesia. Yak betul ada Indomie coy. Indomie jadi salah satu mie favorit mereka," tulis akun @glorindra.

Ada juga yang berpendapat penilaian di atas berlebihan. Pasalnya tak ada bukti statistik yang valid. Hanya beberapa postingan tulisan yang isinya mendukung Indonesia.

"Agak lebay gak sih? Dua post itu mewakili perasaan Negara Kamboja?" tulis akun Lele Kremes.

Ini pertama kalinya Kamboja menjadi tuan rumah SEA Games. Ada beberapa kekurangan yang terjadi selama penyelenggaraan berlangsung. Pada akhirnya, event tetap berjalan sampai selesai.

Indonesia finis di peringkat ketiga dari segi perolehan medali. Para atlet merah putih meraih total 276 medali. Perinciannya 87 emas, 80 perak, serta 109 perunggu. 

Meski tidak menjadi juara umum, Indonesia tetap berbangga. Setelah 32 tahun berlalu, cabor sepak bola putra akhirnya meraih emas.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement