Jumat 26 May 2023 20:22 WIB

Langsung Tajam dan Juara pada Musim Pertama, Lewandowksi Ungkap Peran Xavi di Barcelona

Xavi membantu Lewandowski beradaptasi dengan cepat di Barcelona.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Robert Lewandowski terbukti masih mampu menunjukkan ketajaman di depan mulut gawang kendati berganti klub. Pada musim debutnya memperkuat Barcelona, Lewandowksi langsung mengemas 33 gol dari 44 penampilan di semua ajang, termasuk 23 gol di La Liga Spanyol dari 32 penampilan. 

Peraih gelar pesepak bola terbaik sejagat versi FIFA pada 2020 dan 2021 itu pun memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga Spanyol, unggul lima gol dari penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang berada di tempat kedua. Sukses mengantarkan Barcelona merengkuh titel La Liga, Lewandowksi berpeluang melengkapi torehan tersebut dengan gelar El Pichichi atau top skor La Liga pada musim ini. Terlebih, La Liga musim ini tinggal menyisakan dua laga lagi. 

Baca Juga

Lewandowski memiliki kans besar mengikuti jejak Benzema, yang mengawinkan gelar El Pichichi dan La Liga pada musim lalu. Namun, dibanding Benzema, potensi capaian Lewandowski itu terbilang istimewa. Pasalnya, musim ini merupakan musim perdana penyerang asal Polandia itu memperkuat Barcelona dan tampil di La Liga. Lewandowski seolah tidak perlu waktu lama untuk bisa beradaptasi di klub baru dan kompetisi anyar.

Mantan penyerang Borussia Dortmund itu pun mengungkapkan peran krusial pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, dalam proses adaptasi tersebut. Penjelasan dari Xavi, ujar Lewandowski, membuat proses adaptasinya di Barcelona menjadi jauh lebih mudah.

''Buat saya, semuanya benar-benar baru. Saya harus memahami banyak hal. Di situlah peran Xavi. Dia menjelaskan banyak hal, terutama soal klub dan pemain. Dia membuat segalanya menjadi lebih mudah, terutama pada periode awal saya berada di klub ini,'' kata Lewandowski seperti Football Espana, Jumat (26/5/2023).

Lewandowski juga mengaku begitu terkesan dengan sambutan yang diberikan para pendukung Barcelona, terutama pasca keberhasilan merengkuh titel La Liga pada musim ini. Ini menjadi titel La Liga perdana Barcelona setelah terakhir memboyongnya pada musim 2018/2019.

Raihan titel La Liga musim ini juga terasa spesial buat Blaugrana. Maklum, Barcelona berhasil merebut trofi La Liga dari seteru sengitnya, Real Madrid. 

''Di jalan, saya mulai paham apa artinya meraih gelar ini buat para suporter Barcelona. Buat saya, hal itu benar-benar spesial, perasaan yang luar biasa. Semua yang saya saksikan benar-benar menarik,'' kata Lewandowski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement