Ahad 28 May 2023 09:00 WIB

Messi Tambah Sejumlah Rekor Seusai Antar PSG Pertahankan Gelar Ligue 1 Prancis, Apa Saja?

Lionel Messi menjadi pesepak bola dengan koleksi trofi terbanyak sepanjang sejarah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi kembali mengantar Paris Saint-Germain (PSG) meraih gelar juara Ligue 1 Prancis.
Foto: AP Photo/Aurelien Morissard
Lionel Messi kembali mengantar Paris Saint-Germain (PSG) meraih gelar juara Ligue 1 Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint-Germain (PSG) memastikan torehan kampiun Ligue 1 Prancis musim ini, kendati gagal memetik poin penuh kala melawat ke Strasbourg pada pekan ke-37 Ligue 1, Ahad (28/5/2023) dini hari WIB. PSG ditahan imbang, 1-1, Strasbourg dalam laga tersebut.

Namun, tambahan satu poin sudah cukup memastikan PSG sebagai kampiun Ligue 1. Raihan 85 poin yang dikoleksi PSG dari 37 laga tidak mungkin lagi dikejar Lens, yang berada di peringkat kedua, karena baru mengumpulkan 81 poin. Pasalnya, Ligue 1 musim ini tinggal menyisakan satu partai lagi.

Baca Juga

Dengan raihan ini, PSG sukses menjaga status sebagai juara bertahan Ligue 1. Ini menjadi trofi ke-11 Ligue 1 PSG di sepanjang sejarah klub. Les Parissiens pun menegaskan diri sebagai klub tersukses di pentas Ligue 1, unggul satu raihan trofi dibanding Olympic Marseille.

Tidak hanya buat PSG, Lionel Messi juga menajamkan dan menorehkan rekor anyar seusai tampil di laga kontra Strasbourg. Titel Ligue 1 musim ini menjadi titel ke-43 Messi sejak memulai karier profesional sebagai pesepak bola pada 2004 silam. Dengan jumlah raihan trofi ini, Messi menjadi pesepak bola dengan koleksi trofi terbanyak sepanjang sejarah.

Untuk torehan rekor ini, pemain berjuluk La Pulga itu berbagi tempat dengan eks bek timnas Brasil dan Barcelona, Dani Alves. Messi dan Alves sama-sama telah mengemas total 43 trofi baik saat tampil memperkuat timnas masing-masing maupun kala merumput di level klub.

Secara keseluruhan, Messi telah mempersembahkan tiga trofi buat PSG dan 35 gelar juara saat memperkuat Barcelona. Sementara di level timnas, Messi sudah membawa Albiceleste meraih lima trofi, termasuk titel Piala Dunia 2022.

Dalam laga kontra Strasbourg, Messi mencetak satu-satunya gol PSG, tepatnya pada menit ke-59 seusai memanfaatkan assist Kylian Mbappe. Ini menjadi gol ke-16 Messi di pentas Ligue 1 musim ini.

Torehan gol ini pun sekaligus membawa Messi mencatatkan rekor baru, yang sebelumnya menjadi milik Cristiano Ronaldo. Dengan gol ke gawang Strasbourg, Messi sudah mencetak total 496 gol selama tampil di liga domestik.

Dengan demikian, pemain berusia 35 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di lima liga top Eropa. Sebelumnya, rekor ini menjadi milik Ronaldo dengan koleksi 495 gol.

Messi mencetak 496 gol dari 575 laga atau 47.039 menit penampilan di liga, tepatnya di La Liga Spanyol dan Ligue 1, yang termasuk dalam lima liga top Eropa. Dibanding Ronaldo, Messi mencatatkan jumlah pertandingan lebih sedikit. Untuk mencetak 495 gol, Ronaldo membutuhkan tampil di 626 laga atau 51.069 menit bermain di lima liga top Eropa.

Dalam wawancara pada 2020 silam, Messi sebenarnya sempat mengaku tidak pernah terobsesi mencetak gol. Messi pun tidak pernah berpikir untuk bisa mencetak rekor baru, terutama soal torehan gol.

"Tentu saja, saya senang saat mencetak gol. Jika saya punya kesempatan itu, akan saya manfaatkan. Namun, begitu saya berada di atas lapangan, saya tidak terlalu fokus untuk bisa mencetak gol untuk saya sendiri dan lebih fokus pada pertandingan. Saya tidak pernah begitu terobsesi dengan catatan gol," ujar Messi seperti dikutip 90Min, beberapa waktu lalu.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement