Senin 29 May 2023 10:41 WIB

Cara Unik Manajemen Barcelona Jadikan Messi Pemain dengan Gaji Tertinggi

Sejumlah cara dilakukan Barcelona untuk membujuk Messi kembali ke Camp Nou.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.
Foto: AP Photo/Andreas Schaad
Bintang PSG Lionel Messi dikabarkan ingin kembali ke Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Rumor kembalinya Lionel Messi ke Barcelona terus bergulir setidaknya sejak musim ini telah menyelesaikan paruh pertama, awal tahun ini. Rumor ini muncul seiring belum adanya kepastian soal kelanjutan kiprah Messi bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kontrak pemain berjuluk La Pulga bersama Les Parissiens akan habis pada akhir musim ini. Meski memiliki opsi perpanjangan kontrak Messi selama setahun, PSG dilaporkan enggan mengaktifkan klausul tersebut. Pengoleksi tujuh gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu pun dikabarkan tengah menuju pintu keluar Les Parissiens.

Baca Juga

Barcelona, yang kehilangan Messi dengan status free transfer pada 2021, dilaporkan berminat memboyong kembali bintang timnas Argentina tersebut. Sejumlah cara pun ditempuh manajemen Blaugrana untuk bisa membujuk La Pulga kembali ke Stadion Camp Nou.

Salah satu langkah tersebut adalah dengan menjadikan Messi sebagai pemain dengan gaji tertinggi di skuad Blaugrana saat ini. Dengan gaji dikabarkan mencapai 9 juta euro per musim, penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski, diketahui menjadi pemain dengan gaji tertinggi di skuad Blaugrana.

''Kesepakatan baru itu nantinya akan membuat Messi kembali menjadi pemain dengan gaji tertinggi di skuad Barcelona. Messi akan mendapatkan satu euro lebih banyak dari Lewandowski. Langkah ini sebagai upaya manajemen klub untuk memastikan Messi sebagai pemain dengan gaji tertinggi di skuad Blaugrana,'' tulis laporan Mundo Deportivo seperti dilansir Sports Keeda, Senin (29/5/2023).

Kembalinya Messi ke Blaugrana pun dinilai bakal memberikan keuntungan finansial tersendiri buat Blaugrana. Klub asal Katalan itu diklaim akan mendapatkan 200 juta  hingga 300 juta dari sejumlah kesepakatan komersial pemain berusia 35 tahun tersebut, termasuk soal penjualan replika jersey Messi.

Sebelumnya, Messi dilaporkan siap kembali ke Blaugrana. Bahkan, jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu rela mendapatkan pemangkasan gaji. Dalam kontraknya bersama PSG, Messi dilaporkan menerima gaji sebesar 780 ribu euro per pekan.

Namun, demi bisa memuluskan kepindahan ke Blaugrana, Messi rela menerima gaji sebesar 750 ribu euro per bulan. Ia dilaporkan memahami situasi keuangan Blaugrana, yang belum sepenuhnya pulih.

Presiden La Liga, Javier Tebas, sempat mengungkapkan, cara buat Barcelona untuk bisa mendatangkan Messi adalah dengan mengurangi gaji Messi dan melepas sejumlah pemain. Dengan cara ini, Barcelona diharapkan bisa memenuhi ketentuan finansial yang telah ditetapkan La Liga.

Blaugrana diketahui sudah melepas Sergio Busquets dan Jordi Alba setelah kontraknya habis pada akhir musim ini. Kepergian dua pemain senior itu dikabarkan memberikan ruang cukup besar di neraca keuangan Blaugrana, terutama di pos gaji pemain.

''Jika Barcelona merekrut Messi, maka dia harus rela mendapatkan gaji lebih kecil dibanding yang didapatkannya di PSG. Kembalinya Messi juga tergantung dengan penjualan pemain oleh Barcelona. Saya rasa, mereka bisa mendapatkan harga bagus apabila melepas salah satu pemain bintang,'' jelas Tebas.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement