Selasa 30 May 2023 12:31 WIB

Gerak Cepat, Bayern Muenchen Jegal Upaya Arsenal untuk Boyong Declan Rice

Declan Rice tetap menjadi buruan sejumlah klub raksasa Eropa

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Declan Rice dari West Ham. Manchester United, Arsenal, hingga Bayern Muenchen, mengincar Rice untuk musim depan.
Foto: AP Photo/David Cliff
Declan Rice dari West Ham. Manchester United, Arsenal, hingga Bayern Muenchen, mengincar Rice untuk musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perjalanan West Ham United di pentas Liga Primer Inggris musim ini terbilang tidak mulus. Sempat tujuh pekan menghuni zona degradasi, the Hammers akhirnya berhasil finish di peringkat ke-14 dan bertahan di pentas Liga Primer Inggris.

Kendati the Hammers gagal menembus posisi 10 besar di pentas Liga Primer Inggris musim ini, Declan Rice tetap menjadi buruan sejumlah klub raksasa Eropa, terutama klub-klub papan atas Liga Primer Inggris. Mulai dari Chelsea, Liverpool, Manchester United, hingga Arsenal dilaporkan teratarik memboyong gelandang asal Inggris itu.

Baca Juga

Di antara deretan klub-klub tersebut, Arsenal dilaporkan berada di urutan terdepan. Kabarnya, gelandang berusia 24 tahun itu sudah siap memberikan lampu hijau kepada the Hammers terkait kemungkinan kepindahan ke the Gunners. Di Arsenal, Rice digadang-gadang bakal menggantikan Granit Xhaka, yang dilaporkan hijrah ke Bayer Leverkusen pada musim depan.

Namun, performa Rice di lini tengah the Hammers ternyata juga menarik minat dari klub di luar Inggris. Adalah klub raksasa asal Jerman, Bayern Muenchen, yang dikabarkan ikut berminat mendatangkan gelandang timnas Inggris di Piala Dunia 2022 tersebut.

Muenchen pun sudah bergerak cepat untuk bisa memperbesar kemungkinan mendatangkan Rice. ''Pelatih Muenchen, Thomas Tuchel, dilaporkan sudah melakukan pembicaraan secara langsung dengan Rice. Pembicaraan tersebut berisi ajakan Tuchel kepada Rice untuk hijrah ke Die Bayern,'' tulis laporan Mirror, Selasa (29/5/2023).

Muenchen juga dilaporkan telah menyiapkan dana transfer yang cukup besar untuk bisa memboyong Rice ke Bundesliga pada musim depan. Tidak tanggung-tanggung, Muenchen diklaim sudah menyediakan dana transfer hingga mencapai 95 juta poundsterling guna membujuk the Hammers agar rela melepas jebolan tim junior the Hammers tersebut.

Pelatih West Ham, David Moyes, sempat mengungkapkan, dengan kualitas yang dimilikinya, Rice layak mendapatkan banderol transfer hingga mencapai 100 juta poundsterling. Meski berposisi asli sebagai gelandang bertahan, Rice diketahui kerap melakoni peran sebagai gelandang box to box.

Peran ini pula yang dilakoni Rice saat Moyes dipercaya menukangi West Ham. Salah satu kemampuan utama Rice adalah konsistensi performa. Pemain yang sempat menimba ilmu di akademi sepak bola Chelsea itu terus menjadi andalan di lini tengah the Hammers.

Dalam dua musim terakhir, Rice bahkan sudah mengemas 99 penampilan di semua ajang. Sejak dipercaya menghuni tim utama the Hammers pada awal musim 2016/2017, Rice tercatat telah tampil di 244 penampilan di semua ajang, termasuk 49 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Meski gagal membawa West Ham finish di 10 besar Liga Primer Inggris, pemain yang terpilih sebagai pemain terbaik West Ham dalam dua musim terakhir, termasuk musim ini, tersebut memiliki kesempatan untuk bisa mempersembahkan titel pertamanya buat the Hammers pada akhir musim ini. The Hammers dijadwalkan berduel dengan Fiorentina di partai final UEFA Conference League, Kamis (8/5/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement