Selasa 30 May 2023 15:41 WIB

10 Besar Suporter Paling Berisik di Liga Champions Musim Ini

Suporter Liverpool dinilai paling berisik di Liga Champions musim ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Fans Liverpool (ilustrasi)
Foto: Reuters/Jessica Rinaldi
Fans Liverpool (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Champions selalu menawarkan hal menarik dari banyak sisi, salah satunya tentang suporter. Dilansir dari Daily Mail, Selasa (30/5), ada 10 besar basis penggemar paling berisik dan bersemangat di Liga Champions, lima di antaranya berasal dari klub Liga Inggris.

Final Liga Champions 2022/2023 akan mempertemukan Manchester City dan Inter Milan. City menyingkirkan Real Madrid di semifinal. Sedangkan, Inter mengalahkan AC Milan. Laga final akan berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, 10 Juni.

Baca Juga

Bagi para penggemar Inter dan City, kontribusi mereka di stadion akan ditentukan oleh suara gemuruhnya sebagai tanda penggemar garis keras. Expedia Live sebagai mitra Liga Champions meluncurkan laporan 'Soundscape of being there' yang menyoroti suara ikonik di sepak bola.

Dalam laporan tersebut, sorakan antusias penonton, nyanyian pemain, nyanyian lagu kebangsaan dan gemuruh saat pemain turun ke lapangan menduduki puncak daftar sebagai suara paling ikonik. Ada juga pengukuran penggemar paling berisik dan paling bersemangat dalam kompetisi, dengan beberapa hasil menarik.

Anfield terkenal sebagai salah satu stadion sepak bola terbesar dan paling menakutkan di dunia sepak bola. Penggemar Liverpool menduduki urutan pertama dalam urusan tersebut.

Barcelona menduduki posisi kedua disusul Manchester City di urutan ketiga. Kemudian Celtic dan Real Madrid berada di posisi lima besar.

Namun, lawan City di final Liga Champions, Inter Milan tidak masuk ke dalam 10 besar, pun dengan peraih tujuh gelar Liga Champions, AC Milan. Raksasa Skotlandia Rangers ada di posisi keenam. 

Borussia Dortmund menyusul di urutan ketujuh dengan Chelsea di urutan kedelapan. Dan Galatasaray yang memiliki sejarah dalam kompetisi ini tetapi belum tampil di babak penyisihan grup selama tiga musim menduduki peringkat sebagai basis penggemar paling bersemangat kesembilan, dengan raksasa Italia Juventus masuk dalam 10 besar.

Mantan bintang Arsenal, Inter Milan dan Manchester City, Patrick Vieira, mengatakan kualitas dan semangat para penggemar di seluruh Eropa sangat membekas bagi pemain. Itu diungkapkan Viera berdasarkan pengalamannya.

"Dari pengalaman saya sendiri bepergian selama bertahun-tahun melintasi Eropa, suara yang saya dengar pada hari pertandingan membuat pengalaman saya benar-benar tak terlupakan, di mana pun saya bermain," ujarnya.

Sepak bola menurutnya mempunyai banyak suara ikonik yang menciptakan suasana unik dan tak dapat ditiru di tempat lain. Hal yang paling membekas adalah ketika penggemar sendiri bernyanyi saat pertandingan tandang. 

10 Penggemar Paling Berisik dan Bersemangat di Liga Champions

1. Liverpool

2. Barcelona

3. Manchester City

4. Celtic

5. Real Madrid

6. Rangers

7. Borussia Dortmund

8. Chelsea

9. Galatasaray

10. Juventus 

Sumber: Statistik dari laporan 'Soundscape Of Being There' dari Expedia

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement