Selasa 30 May 2023 21:02 WIB

Para Legenda Dunia Datangi Latihan Timnas U-16, Erick Thohir: Semua Mendukung Kita

Para legenda tersebut memberikan inspirasi kepada para pemain muda Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para legenda sepak bola dunia berkumpul di tempat latihan timnas u-16, Selasa (30/5/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Para legenda sepak bola dunia berkumpul di tempat latihan timnas u-16, Selasa (30/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendatangkan empat legenda sepak bola dunia, Eric Abidal, Juan Sebastian Veron, Marco Materazzi, dan Roberto Carlos dalam acara Brimo Garuda Future di Jakarta, Selasa (30/5/2023). Acara tersebut merupakan kerjasama antara PSSI dengan BRI untuk mengembangkan cikal bakal pesepak bola Indonesia dari usia dini. 

Mantan bos Inter Milan itu mengungkapkan, tujuan mendatangkan legenda-legenda dunia tersebut adalah untuk memotivasi pemain-pemain muda Indonesia. Menurutnya pengalaman para legenda itu perlu dipelajari oleh bakat muda Indonesia bahwa mereka pun memulai karier sepak bola dari nol.

Baca Juga

"Saya berpikir dengan membawa legend semoga ada hal baru agar mereka semangat lagi. Mereka mendengarkan cerita legend yang tadinya bukan siapa-siapa tapi dengan kemauan, Roberto Carlos dan Veron dari kampung, orang miskin tapi bisa jadi orang terkenal. Materazzi usia 22 tahun baru masuk klub, usia 34 baru juara dunia, Eric Abidal juga sempat kena cancer," kata Erick kepada awak media, Selasa (30/5/2023).

Mantan bos Inter Milan itu memahami bahwa untuk membangun timnas Indonesia perlu waktu panjang. Sebab itu, pembinaan usia dini menjadi salah satu fokus PSSI untuk memunculkan talenta-talenta muda yang diharapkan dapat mengharumkan nama bangsa di ajang-ajang internasional. Sebab itu, kata Erick, penting untuk membangun mental para pemain dari sejak usia dini.

"Dalam membangun mental itu perlu keseriusan. Tentu dalam membangun tim nasional tidak bisa berpuas dengan U-20 dan U-22. Makanya harus membangun juga U-17. Kalau media ingat sendiri jika mau masuk piala dunia 2038, pembinaan itu harus dimulai sekarang di usia sembilan tahun. Ini pekerjaan marathon, bukan sprint 100 meter. Saya diskusi dengan Exco dan pelatih bagaimana U-17 ini disiapkan," kata Erick.

5 Janji Erick Thohir di PSSI....

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement