Rabu 31 May 2023 14:44 WIB

Final Liga Europa Sevilla Vs Roma Jadi Duel Emosional untuk Monchi

Monchi terkenal bersama Sevilla dan pernah menjadi direktur olahraga Roma.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Monchi, direktur olahraga Sevilla yang pernah bekerja di AS Roma.
Foto: EPA/JULIO MUNOZ
Monchi, direktur olahraga Sevilla yang pernah bekerja di AS Roma.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Direktur Sevilla Monchi menjelaskan arti spesial laga timnya melawan AS Roma pada partai final Liga Europa 2022/2023 di Puskas Arena, Budapest, Kamis (1/6/2023) dini hari WIB.

"Ini pertandingan yang sangat spesial. Pertama karena ini adalah final setelah musim yang buruk, dan kemudian bermain melawan Roma menjadikannya lebih spesial," kata Monchi kepada Sky Sports dilansir Football Italia, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

Sevilla membukukan tempat mereka di final Liga Europa setelah mengamankan kemenangan agregat 3-2 atas Juventus di semifinal. Sebelumnya, Los Nervionenses sukses menyingkirkan Manchester United (MU). Di sisi lain braket, Roma menang tipis 1-0 atas tim kontestan asal Bundesliga Bayer Leverkusen, membawa mereka ke final Eropa kedua dalam dua musim terakhir.

Pria berusia 54 tahun itu lekat dengan kesuksesan Sevilla. Ia kemudian menghabiskan dua tahun di ibu kota Italia, bekerja sebagai direktur olahraga Roma, sebelum pergi dengan cara meyakitkan pada 2019. Monchi kembali ke Sevilla dan kembali membangun periode kesuksesan kedua.

Itulah penyebabnya Monchi menilai final Liga Europa ini memiliki bobot ekstra yang dapat menguras emosinya. "Pekerjaan di Sevilla adalah untuk saya. Di Roma saya memiliki musim yang bagus, mencapai final. Satu dengan Sevilla adalah perjalanan yang lebih panjang," kata pria berkepala plontos ini.

Monchi memuji kinerja i Giallorossi di bawah arahan Jose Mourinho. Menurut dia, mendatangkan Mourinho ke Olimpico merupakan suatu keuntungan bagi i Lupi.

"Mourinho pelatih hebat yang banyak memenangi semua final. Saya juga suka fakta bahwa Roma tidak tersentuh kekalahan. Ketika sebuah tim tidak kalah, itu karena melakukan banyak hal positif," kata Monchi.

Pertarungan Sevilla dengan torehan enam trofi Liga Europa jelas jadi pertimbangan Roma untuk menaklukan sang raja kompetisi antarklub kasta kedua Eropa ini. Meski demikian, Serigala Roma tak perlu risau mengingat Mourinho memiliki catatan impresif saat mendampiingi bermain pada partai final. Dari lima final, semua berakhir dengan kemenangan. Kesuksesan teranyar Mourinho adalah mengantarkan Roma menjuarai trofi Liga Konfederasi Eropa 2021/2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement