Selasa 06 Jun 2023 00:14 WIB

Intip Besaran Bonus untuk Atlet SEA Games Kamboja

Total bonus yang diberikan Jokowi kepada atlet dan pelatih yakni mencapai Rp 289 M.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023) lalu. Total bonus yang diberikan Jokowi kepada para atlet dan pelatih yakni mencapai Rp 289 miliar.

"Saya jadi berpikir. Bonusnya jadi gede banget kita hitung-hitung total ya Rp 289 M untuk atlet, pelatih, asisten pelatih semuanya diberikan," kata Jokowi dalam sambutannya.l

Baca Juga

Jokowi pun mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih para atlet di ajang olah raga ini. Menurut dia, prestasi yang telah ditorehkan oleh para atlet telah membuat masyarakat bangga.

"Oleh sebab itu, atas nama masyarakat, rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas perjuangan saudara semua, baik para peraih medali, para atlet, para pelatih, asisten pelatih, para pendamping, dan semua yang telah bekerja keras untuk mencapai," ujarnya.

Jokowi juga mengaku kaget dengan prestasi yang ditorehkan oleh beberapa cabang olahraga. Seperti tim basket putri yang sudah 64 tahun tidak meraih medali emas, tim cabang olahraga sepak bola yang berhasil meraih medali emas setelah 32 tahun, tim hoki indoor putra, dan juga tim kriket putri.

"Ini saya kira masyarakat sangat senang dan sangat bangga atas lompatan perolehan medali emas yang berada di 87 emas," kata Jokowi.

Adapun bonus dan apresiasi secara simbolis yang diberikan yakni:

1. Medali Emas Beregu menerima Rp 367.500.000

2. Medali Emas Ganda/Pasangan menerima Rp 420 juta

3. Medali Emas Perorangan menerima Rp 525 juta

4. Medali Perak Ganda/Pasangan menerima Rp 252 juta

5. Medali Perak Perorangan menerima Rp 315 juta

6. Medali Perunggu Beregu menerima Rp 110.250.000

7. Medali Perunggu Ganda/Pasangan menerima Rp 126 juta

photo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6). - (Republika/Dessy Suciati Saputri)

 

Presiden pun berpesan agar para atlet menggunakan bonus yang diberikan dengan baik, salah satunya untuk investasi jangka panjang. Jokowi mengingatkan agar bonus tersebut tidak digunakan untuk membeli barang-barang mewah.

Untuk diketahui, total perolehan medali yang berhasil dibawa pulang tim Indonesia yakni 87 emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Perolehan medali ini melebihi target yang ditetapkan oleh Jokowi, yakni di atas 69 medali emas.

Hadir dalam acara ini yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menko PMK Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu hadir juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Ketua Umum Federasi Olahraga Karatedo Indonesia Hadi Tjahjanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement