Selasa 06 Jun 2023 00:08 WIB

Indra Sjafri Terus Pantau Talenta Diaspora Indonesia untuk Timnas U-23 di Qatar

Indra Sjafri bertemu keluarga pesepak bola Ahmad Al-Khuwailid dan Farri Agri.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Indra Sjafri menyatakan dirinya terus memantau sejumlah talenta diaspora Indonesia yang berada di Qatar. Jika ada kecocokan dari kedua belah pihak, pemain yang dipantau ini bisa dicoba untuk menunjukkan kemampuannya di timnas U-23.

Indra baru-baru ini menyempatkan diri bertemu dengan dua pesepak bola diaspora Indonesia di Qatar saat menyambangi negeri Keluarga Al Thani tersebut, yakni Ahmad Al-Khuwailid dan Farri Agri. Pertemuan itu juga sempat diunggah oleh Al-Khuwailid melalui story di Instagram pribadinya, @__khuwailid, pada Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga

Indra bercerita bahwa kunjungannya itu dilakukan di sela-sela selepas dirinya melakukan ibadah umrah dari Arab Saudi. Ia juga sempat bertemu langsung dengan orang tua para talenta diaspora tersebut demi memastikan status kewarganegaraan mereka.

"Setelah saya berkomunikasi, mereka itu rupanya semuanya paspor Indonesia, bukan keturunan. Jadi memang orang-orang Indonesia yang bapaknya kerja di kilang minyak. Jadi kalau kita misalnya mau memanggil dia karena memang berprestasi, kualitasnya oke, enggak ada masalah," katanya selepas pemberian bonus untuk kontingen SEA Games 2023 oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Pasalnya, Indra menegaskan ada tiga syarat utama seorang pemain bisa memperkuat tim nasional, yakni pertama statusnya jelas warga negara Indonesia, kedua bisa bermain di Indonesia atau terdaftar di asosiasi, dan ketiga tentunya memiliki kualitas yang memadai.

"Tiga itu saja. Kita enggak akan bisa memanggil pemain tanpa ada paspor Indonesia," ujarnya.

Kendati demikian, Indra menegaskan dirinya tidak akan terburu-buru mengambil keputusan apakah Al-Khuwailid untuk memperkuat timnas U-23.

Selepas mengantarkan Indonesia menyudahi paceklik medali emas SEA Games di cabang olahraga sepak bola, Indra kini dihadapkan persiapan menyongsong fase kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Indonesia tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan serta akan menjadi tuan rumah fase kualifikasi grup tersebut di Stadion Manahan, Solo, medio September mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement