Selasa 06 Jun 2023 17:16 WIB
...

Berkah di Balik Laga Persahabatan Timnas Indonesia Vs Timnas Argentina

Indonesia dapat kehormatan jadi tim sepak bola pertama yang menjamu juara dunia 2022.

 Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) dan jajarannya menyampaikan keterangan pers terkait laga FIFA Matchday antara timnas Indonesia vs Argentina.
Foto:

Mungkin bukan kebetulan

Keputusan Argentina bertandang ke Indonesia guna menjalani laga persahabatan ini disampaikan oleh federasi sepak bolanya 24 Mei lalu atau dua bulan setelah badan sepak bola dunia (FIFA) membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Itu juga terjadi satu bulan setelah pada 17 April, Argentina ditetapkan sebagai pengganti Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ini mungkin bukan kebetulan. Argentina bisa saja berusaha memberikan pesan simpatik kepada Indonesia. Lebih jauh lagi, keputusan ini bisa melukiskan adanya apresiasi internasional kepada sepak bola Indonesia saat ini.

Liga sepak bolanya yang besar, pendukungnya yang antusiastis dan bersemangat, serta skala popularitas sepak bolanya yang tinggi, adalah hal-hal yang membuat dunia tak mungkin memalingkan muka dari Indonesia.

Ini juga berkaitan dengan basis penggemar yang besar yang juga berkaitan dengan pasar besar dalam industri sepak bola.

Mungkin tahun ini dunia melihat adanya politisasi olahraga yang membuat Piala Dunia U-20 urung digelar di Indonesia, tapi bahkan hal itu malah kian menyibakkan fakta mengenai betapa seksi lingkungan sepak bola Indonesia.

Lihatlah penggemar sepak bola Indonesia saat pertandingan-pertandingan sepak bola, termasuk dalam SEA Games 2023 di Kamboja lalu.

Mereka tak pernah meninggalkan stadion sekalipun tim kesayangan di ambang kalah. Mereka tak pernah surut mendukung karena memang mereka sungguh penggemar yang bergairah, baik kala bersama klub maupun timnasnya.

Banyak dari mereka adalah juga penggemar klub-klub besar dunia di liga-liga elite Eropa yang menjadi tempat bermain para bintang Argentina yang segera berada di Indonesia dua pekan mendatang.

Tak hanya Messi, karena masih ada pemain depan Manchester City Julian Alvarez, gelandang serang Juventus Angel di Maria, pemain sayap Manchester United Alejandro Garnacho, bek kanan Atleticoc Madrid Nahuel Molina, gelandang Atletico Madrid Rodrigo de Paul, dan banyak lagi.

Mereka bermain untuk klub-klub yang memiliki basis penggemar besar di Indonesia. Oleh karena itu, kedatangan mereka ke Indonesia bisa disebut juga sebagai temu kangen dengan penggemar-penggemarnya di Indonesia.

Bayangkan, keriuhan dan antusiasme seperti apa ketika Argentina dijamu Indonesia pada 19 Juni 2023 itu.

Lebih dari itu, 18 Desember 2022 sampai hari ini bukanlah rentan waktu yang panjang yang membuat penggemar sepak bola di Indonesia melupakan aksi menawan Lionel Messi dkk dalam menjuarai Piala Dunia 2022.

Sebagaimana penggemar sepak bola di mana pun, penggemar sepak bola Indonesia, khususnya pendukung Argentina, menjadi saksi untuk bagaimana Messi menyamai pencapaian Pele dan Maradona sehingga semakin layak disejajarkan dengan mereka guna menjadi pesepak bola terbesar sepanjang masa (GOAT).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement