Rabu 07 Jun 2023 10:04 WIB

Termasuk Messi, Ini Sejumlah Bintang Eropa yang Berpotensi Menuju Liga Saudi

Lionel Messi mendapatkan tawaran menggiurkan dari Al Hilal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Lionel Messi
Foto: AP Photo/Aurelien Morissard
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Beberapa bintang di sepak bola Eropa berpotensi menuju Liga Arab Saudi. Salah satunya, Lionel Messi.

Saudi terus berbenah meningkatkan geliat lapangan hijau mereka. Ada target besar yang diusung. Negara tersebut ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca Juga

Banyak tahapan yang harus dilalui. Itu termasuk peningkatan level kompetisi domestik. Cara ampuh meningkatkan level liga dengan mendatangkan banyak pemain kelas atas.

Pada Desember 2022, Al-Nassr menggaet Cristiano Ronaldo. Teranyar Al-Ittihad bergerak. The Tigers membeli Karim Benzema dari Real Madrid. Mereka juga disebut-sebut siap menampung N'Golo Kante.

Belakangan, rumor Messi menuju Saudi berhembus kencang. La Pulga sudah pasti keluar dari Paris Saint Germain setelah Juni 2023.

"Pemenang Piala Dunia (2022) siap meninggalkan PSG ketika kontraknya berakhir dan salah satu opsi yang diberikan padanya yakni merapat ke Al-Hilal," demikian laporan yang dikutip dari laman Mirror, Rabu (7/6/2023).

Pekan lalu, ayah sekaligus agen Leo Messi, Jorge Messi dikabarkan menyetujui kesepakatan senilai 1,2 miliar euro selama dua tahun, untuk putranya. Andai skenario tersebut menjadi kenyataan, La Pulga bakal menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia. Pada awal bulan lalu, peraih tujuh ballon d'Or bahkan sudah menjadi duta pariwisata Arab Saudi.

"Sekarang dia mungkin akan mengikuti jejak Ronaldo ke Riyadh," tambah laporan dari Mirror.

Messi bukan satu-satunya bintang yang masuk radar Al-Hilal. The Blue Waves juga mengincar sejumlah nama. Ada Sergio Busquets, Jordi Alba, serta Marco Verrartti. 

Menurut the Times, kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris bisa mendapat kenaikan gaji signifikan apabila pindah ke klub Saudi. Lloris akan digaji 300 ribu pounds (Rp 5,5 miliar) per pekan. Roberto Firmino juga mendapat tawaran menggiurkan dari klub-klub negara teluk itu. Lalu masih ada Luka Modric, Sergio Ramos, Ilkay Gundogan, Pierre-Emerick Aubameyang, Wilfried Zaha, dan Iago Aspas. 

Apa yang dilakukan Saudi mirip yang terjadi di Liga Super China beberapa tahun lalu. Pada 2016 hingga 2019, Liga Super China mendatangkan pemain-pemain yang berkarier di Eropa seperti Oscar, Yannick Carrasco, Hulk, Paulinho, serta Axel Witzel yang digaji mahal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement