Kamis 08 Jun 2023 08:17 WIB

Ini 5 Bintang Sepak Bola Eropa yang Pernah Merumput di MLS Sebelum Messi

Sejumlah bintang sepak bola Eropa pernah mencicipi bermain di MLS.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Kaka saat menyapa pendukung Orlando City (ilustrasi). Kaka pernah merasakan kompetisi MLS di Amerika Serikat membela Orlando City.
Foto: AP Photo
Kaka saat menyapa pendukung Orlando City (ilustrasi). Kaka pernah merasakan kompetisi MLS di Amerika Serikat membela Orlando City.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Major League Soccer (MLS) memiliki banyak bintang sepak bola internasional, tetapi bisa dibilang tidak ada yang lebih besar dari Lionel Messi. Bintang Argentina berusia 35 tahun itu berencana bergabung dengan Inter Miami setelah dua musim di Paris Saint-Germain. Setelah spekulasi dia akan kembali ke klub masa kecilnya, FC Barcelona, ​​​​Messi justru mengumumkan akan pergi ke Amerika Serikat.

Kepindahan ke Inter Miami terjadi enam bulan setelah Messi mencapai tujuan terbesarnya sebagai pemain sepak bola - memenangkan Piala Dunia, yang pertama bagi Argentina sejak 1986. Pencapaian itu melengkapi tujuh rekor FIFA Ballon d'Or yang mengukuhkan Messi sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. 

Baca Juga

Dia memenangkan Ligue 1 untuk musim kedua berturut-turut. Namun klubnya terpuruk di kompetisi Liga Champions, kalah di babak 16 besar dari Bayern Munchen. 

Messi akan memulai babak berikutnya dalam karirnya di Amerika Serikat, bergabung dengan daftar ikon sepak bola Eropa yang mencicipi karier di negeri Paman Sam. Berikut ini lima mantan bintang sepak bola Eropa yang pernah bermain di MLS:

David Beckham 

Gelandang ikonik Inggris ini adalah nama terkenal pertama yang bergabung dengan MLS ketika dia pindah ke LA Galaxy pada tahun 2007. Keputusannya untuk meninggalkan klub mega Spanyol Real Madrid pada tahun 2007 untuk liga Amerika yang masih muda mengundang kritik tetapi juga membantu mengembangkan MLS secara eksponensial.

Itu membuka pintu bagi bintang lain untuk melakukan hal yang sama di tahun-tahun berikutnya. Galaxy mencapai rekor penjualan merchandise dan ESPN secara nasional menyiarkan pertandingan persahabatan pertamanya melawan Chelsea FC.

Beckham menghabiskan lima tahun bersama Galaxy, termasuk dua musim dengan status pinjaman ke klub Italia AC Milan. Dalam 98 penampilan MLS, dia mencetak 18 gol dan 31 assist. 

Cedera mengisi empat musim pertamanya di Los Angeles sebelum dia menjalani tahun terbaiknya di tahun 2011, ketika Beckham dan Galaxy memenangkan Piala MLS pertama dari dua kali berturut-turut. Dia kembali bermain di Eropa pada 2013 untuk mengakhiri karirnya bersama PSG. Dia saat ini adalah salah satu pemilik Inter Miami.

Steven Gerrard

Dari satu gelandang ikonik Inggris ke gelandang lainnya, Steven Gerrard bergabung dengan LA Galaxy pada 2015 setelah 17 musim bersama Liverpool FC. Kepindahan itu diumumkan saat Gerrard berada di tengah musim Liga Primer Inggris. Dia mencatatkan debutnya pada akhir masa jabatannya di Liverpool.

Gerrard menjalani masa tinggal yang tenang di Los Angeles, bermain dalam 34 pertandingan dalam dua musim. Dia mencetak dua gol dan membuat tiga assist pada musim debutnya, ketika dia dinobatkan sebagai MLS All-Star. Gerrard mempertimbangkan untuk pensiun setelah musim 2015 tetapi bertahan selama satu tahun lagi. Dia mencetak tiga gol dan sembilan assist pada 2016, pensiun pada akhir tahun.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement