Kamis 08 Jun 2023 18:45 WIB

Menpora Bangga Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

Pencapaian Indonesia kian lengkap via pecah rekor cabor para renang dan angkat berat.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Kontingen Merah Putih sudah mendapatkan lebih dari 130 emas dan secara kalkulasi tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat, Thailand.

Secara detail hingga Kamis (8/6/2023) pukul 16.00 WIB, Indonesia mengumpulkan 133 medali emas, 122 perak, dan 76 perunggu. Hasil ini membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Baca Juga

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebanggaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," kata Menpora Dito Ariotedjo dalam jumpa pers di Head Quarter Indonesia, Morodok Techo Sports Complex, Kamis (8/6/2023).

Hadir dalam jumpa pers itu, Chef de Mission (Cdm) Indonesia Andi Herman, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun, dan Direktur PT Bayan Resources Tbk, Merlin Sanjaya.

Dito memaparkan, hasil yang didapatkan Indonesia saat menjadi tuan rumah pertama kali 2011 terus memacu semangat seluruh atlet dan semakin melonjak hingga tiga kali beruntun juara umum.

Selain itu, lanjut Dito, capaian kontingen Indonesia di Kamboja semakin lengkap dengan deretan pemecahan rekor di cabor para renang dan angkat berat. "Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupakan sejarah. Bahkan untuk medali perak dan perunggu," jelasnya.

CdM Indonesia, Andi Herman menambahkan, hasil juara umum kali ini merupakan kerja keras yang dilakukan sejak pelatnas. Dengan tekad yang kuat untuk kembali mempertahankan juara umum, membuat seluruh elemen, baik atlet, pelatih, hingga pelatih terinspirasi untuk meraih hasil itu.

"Hasil yang menjadi kebanggaan bersama dan sejarah capaian pemecah rekor. Masih ada besok di hari terakhir dan kita punya peluang untuk membawa pulang 140 hingga 150 medali emas," kata Andi Herman.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, mengapresiasi kepedulian Pemerintah Indonesia, termasuk Presiden RI Jokowi, yang terus memberikan dukungan penuh kepada atlet disabilitas.

Dukungan itu menambah motivasi seluruh atlet untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional, termasuk ASEAN Para Games. "Terima kasih kepada Bapak Presiden dan pemerintah yang peduli kepada masyarakat difabel. Atlet kita semakin termotivasi untuk menambah medali emas. Indonesia harus kita harumkan," kata Senny Marbun.

Di sisi lain, Direktur PT Bayan Resources Tbk, Merlin Sanjaya, selaku sponsor utama kontingen Indonesia mengucapkan selamat atas keberhasilan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023. "Semangat para atlet menginspirasi kami semua. Kami berterima kasih atas perjuangan kalian semua," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement