Sabtu 10 Jun 2023 22:59 WIB

Menpora Lepas Kontingen Indonesia ke World Special Olympic Games 2023 Jerman

Menpora menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan hak sama kepada semua atlet.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Menpora Dito Ariotedjo melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di World Special Olympic Games 2023, Berlin, Jerman, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).
Foto: Republika/Rahmat Fajar
Menpora Dito Ariotedjo melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di World Special Olympic Games 2023, Berlin, Jerman, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo melepas Kontingan Indonesia ke World Special Olympic Games 2023, Berlin, Jerman, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Sabtu (10/6/2023). Dito memastikan komitmen pemerintah untuk memberikan ruang dan hak yang sama bagi semua atlet akan dijaga.

"Kemenpora juga akan terus aktif menjadi bagian dari pembinaan atlet bertalenta khusus," ujar Dito, Sabtu.

Baca Juga

Dito mengungkapkan, World Special Olympic Games yang akan berlangsung dari 15-26 Juni 2023 memberangkatkan 22 atlet dengan total 35 kontingen. Dito melihat ada semangat kuat yang ditunjukkan para atlet agar bisa berprestasi di Berlin.

Oleh karena itu, Dito mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang mengelola atlet sejak persiapan hingga berangkat ke Jerman. Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak kepada semua pihak agar menunjukkan bahwa olahraga dapat membangun kesetaraan dan inklusivitas. Olahraga juga diharapkan menjadi jalan bagi orang-orang bertalenta khusus agar sejajar dengan siapa saja.

Menurut Dito, manusia dinilai dari peran dan kontribusinya. Selain itu, manusia juga akan dinilai dari karya-karyanya. Dan olahraga pada intinya adalah membuat orang mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin.

Dito berpesan kepada atlet agar ke Jerman bukan semata-mata untuk menang. Tetapi juga menunjukkan rasa syukur atas keistimewaan yang dimiliki. "Menang bukan segalanya," kata dia.

Mengenai target, Dito mengatakan, Kemenpora tidak menargetkan apapun kepada para atlet. Namun ia yakin mereka secara mandiri akan meraih prestasi selama di Jerman. Bagi Dito, yang terpenting mereka menyadari akan kemampuannya sehingga bisa berguna bagi bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement