Senin 12 Jun 2023 08:37 WIB

Hellas Verona Kirim Spezia ke Serie B, Cagliari dan Genoa Kembali ke Serie A

Cagliari mengalahkan Bari 2-1 dalam dua leg playoff.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Para pemain Cagliari merayakan promosi ke Serie A bersama pelatih Claudio Ranieri.
Foto: Twitter Serie A
Para pemain Cagliari merayakan promosi ke Serie A bersama pelatih Claudio Ranieri.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Hellas Verona akan terus bermain di papan atas Serie A Liga Italia untuk musim 2023/2024. Itu dipastikan setelah Gialloblu sukses menghajar Spezia 3-1 pada laga playoff degradasi di Stadion Citta del Tricolore, Mapei, Senin (12/6/2023) dini hari WIB.

Dua dari tiga gol Verona dicetak oleh Cyrii Ngonge dan Davide Faraoni. Satu gol Spezia hadir lewat Ethan Ampadu. Spezia, yang finis di peringkat 17, dan Verona, yang berada satu tingkat lebih rendah, hanya berbeda selisih gol di akhir musim.

Baca Juga

Dalam aturan baru, diperlukan playoff diperlukan untuk menentukan tim mana yang harus turun kasta ke Serie B bersama Sampdoria dan Cremonese. Apabila peraturan tidak diubah, Spezia akan bertahan karena memiliki rekor head to head yang lebih baik.

Di sisi lain, Cagliari berhak promosi dari Serie B usai memenangkan laga kontra Bari 1-0 pada partai kedua playoff di Stadion San Nicola.

Pelatih Claudio Ranieri terlihat menangis di atas lapangan saat dia merayakannya dengan para pemain usai menang dengan agregat akhir 2-1.

Ranieri baru bergabung dengan Cagliari pada akhir Desember 2022. Tim Sardini itu menghuni peringkat ke-14 di kompetisi Serie B. Ini adalah periode kedua Ranieri berada di Cagliari setelah lebih dari 30 tahun memimpin tim promosi dari divisi ketiga.

Sementara Bari hampir mengakhiri absen 12 tahun dari Serie A setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama. Mereka mengakhiri musim dengan berada di posisi yang lebih tinggi di klasemen, sehingga akan promosi jika skor agregat sama kuat.

Namun pemain pengganti Leonardo Pavoletti masuk dari bangku cadangan pada menit ke-89 dan mencetak gol kemenangan pada menit keempat injury time untuk menghancurkan harapan Bari. Adapun juara Serie B Frosinone dan runner-up Genoa adalah tim lain yang promosi bersama dengan Cagliari.

Tim Serie A yang degradasi ke Serie B:

Sampdoria

Cremonese

Spezia

Tim Serie B yang promosi ke Serie A:

Frosinone

Genoa

Cagliari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement