Selasa 13 Jun 2023 20:03 WIB

Ke Babak 16 Besar, Putri KW Jadi Satu-Satunya Tunggal Putri Indonesia yang Tersisa

Selanjutnya, Putri berpotensi bakal menghadapi lawan berat, Akane Yamaguchi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, sukses menyingkirkan atlet tunggal putri asal Amerika Serikat (AS), Iris Wang, di babak 32 besar Indonesia Open 2023. Namun, Putri mesti melakoni perjuangan keras untuk bisa menyingkirkan Iris dan memastikan satu tempat di babak 16 besar.

Dengan durasi hingga 1 jam 32 menit, Putri mengalahkan Iris lewat duel tiga set, 15-21, 22-20, dan 23-21. Di gim pertama, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu mesti mengakui keunggulan permainan Iris. Namun, di set kedua, Putri mampu memberikan perlawanan sengit dan akhirnya merebut gim kedua dengan keunggulan, 20-22.

Baca Juga

Duel sengit antara kedua atlet ini kembali tersaji di gim ketiga. Putri sempat tertinggal, 8-12, di interval kedua. Namun, Putri mampu bangkit dan menjaga momentum tersebut hingga pegujung gim ketiga. Keberhasilan Putri memetik empat poin secara beruntun mengantarkan skor imbang, 20-20.

Peringkat ke-39 dunia itu bisa menutup gim ketiga dengan kemenangan, 23-21, sekaligus mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Indonesia Open 2023. Putri mengaku sudah memperkirakan akan melakoni duel sengit dengan Iris. Menurutnya, Iris adalah tipe pebulu tangkis yang mengandalkan kekuatan dan agresivitas.

''Memang dari awal, sebelum main, sudah mempersiapkan bakal main capek dan mesti lebih kuat dari Iris. Iris tipe pemain yang kuat dan ngotot. Jadi, saya harus mengikuti permainan Iris dan jauh lebih kuat dan ngotot,'' kata Putri di sesi konferensi pers pasca-laga tersebut, Selasa (13/6/2023).

Dengan keberhasilan melaju ke babak 16 besar, Putri menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia ynag masih bertahan di Indonesia Open 2023. Sebelumnya, rekan senegara Putri, Gregoria Mariska Tunjung, dipaksa mengakui keunggulan pebulu tangkis asal India, Pusarla Shindu, dan tersingkir di babak pertama.

Kendati tidak merasa terbeban dengan statusnya sebagai satu-satunya tunggal putri tuan rumah yang masih tersisa, Putri mengaku ada ketegangan tersendiri dengan status tersebut. ''Tidak ada (merasa terbebani), tapi memang ada sedikit ketegangan,'' kata Putri.

Di babak 16 besar Indonesia Open 2023, Putri berpotensi bakal menghadapi lawan berat, Akane Yamaguchi. Atlet tunggal putri asal Jepang tersebut merupakan unggulan pertama di Indonesia Open 2023. Di babak 32 besar, Akane diprediksi bisa melewati adangan atlet asal Cina, Zhang Yi Man.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement