Rabu 14 Jun 2023 14:58 WIB

Rinov/Mentari Susul Rehan/Lisa Ayu ke Babak 16 Besar Indonesia Open 2023

Rinov/Mentari berhasil membalas kekalahan atas Thom/Delphine di pertemuan sebelumnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy (kiri) dan Pitha Haningtyas Mentari.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy (kiri) dan Pitha Haningtyas Mentari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, menjadi ganda campuran Indonesia kedua yang berhasil melaju ke babak 16 besar Indonesia Open 2023. Di babak pertama, Rinov/Mentari menyingkirkan ganda campuran asal Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue, 21-14, 21-15, Rabu (14/6/2023).

Duel yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta itu hanya memakan waktu selama 38 menit. Sempat mendapatkan perlawanan dari unggulan kelima Indonesia Open 2023 itu pada awal gim pertama, Rinov/Mentari mampu menutup interval pertama dengan keunggulan tipis, 11-10. Momentum ini tidak mau dilepas Rinov/Mentari. Pada awal interval kedua, Rinov/Mentari terus menjauh dari kejaran Tom/Delphine.

Baca Juga

Di gim kedua, Tom/Delphine sempat mampu bangkit dan menutup interval pertama dengan keunggulan tiga poin, 11-7. Namun, di interval kedua, Rinov/Mentari bisa membalikan keadaan dan berbalik unggul usai meriah lima poin secara beruntun. Rinov pun mengungkapkan ada sedikit keuntungan posisi di interval kedua.

''Di set kedua, kita menang angin. Jadi bola bisa sedikit-sedikit out. Selain itu, kami juga melakukan improvisasi yang cukup cepat di sepanjang laga,'' ujar Rinov dalam sesi konferensi pers usai laga, Rabu (14/6/2023).

Dengan kemenangan ini, Rinov/Mentari berhasil membalas kekalahan atas Thom/Delphine di pertemuan sebelumnya, tepatnya di Malaysia Masters 2023. Saat itu, peringkat ke-15 dunia itu menyerah dua set langsung dari ganda campuran Prancis.

Rinov mengakui, Thom/Delphine tidak terlalu melakukan banyak perubahan dari segi gaya bermain dibanding saat tampil di Malaysia Masters. Di sisi lain, belajar dari kekalahan di Malaysia Masters, Rinov menyebut telah melakukan perubahan pola permainan.

''Kami yang berubah setelah pengalaman terakhir ketemu di Malaysia. Jadi, kami mengubah pola permainan. Selain itu, kami juga bertanya dengan rekan-rekan, Rehan/Lisa, yang pernah mengalahkan mereka, bagaimana cara mengalahkan mereka,'' kata Rinov.

Dengan hasil di hari kedua gelaran Indonesia Open 2023, Indonesia telah mengirim dua wakil di babak 16 besar. Sebelumnya, Rehan Naufal/Lisa Ayu lebih dulu mengamankan satu tiket di babak 16 besar usai menyingkirkan unggulan ketujuh asal Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, 13-21, 26-24, 21-17, Selasa (13/6/2023) kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement