Kamis 15 Jun 2023 15:56 WIB

Gerak Cepat, Penerapan VAR di Liga 1 akan Dilakukan pada Februari 2024

PSSI dan LIB telah menyatakan komitmen mengenai VAR tersebut.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dalam konferensi pers Liga 1 2023/2024 di Jakarta, Kamis (15/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dalam konferensi pers Liga 1 2023/2024 di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 akan mulai menggunakan Asisten Wasit Video (VAR) pada Februari 2024. Menurut dia, penerapan VAR di Liga 1 akan berkontribusi mendongkrak kualitas kompetisi sepak bola Indonesia.

"VAR akan jadi pertunjukan standar internasional, insya Allah bulan Februari bisa berjalan. Training dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah dimulai beberapa minggu ke depan," kata Erick dalam konferensi pers Liga 1 2023/2024 di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga

Senada dengan itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus juga mengungkapkan Liga 1 akan mulai menggunakan VAR pada Februari 2024. "Kami juga melakukan persiapan untuk VAR. Inasya Allah bulan Februari (2024) sudah bisa terlaksana di seluruh stadion," kata Ferry.

Ia mengatakan, sejak diketuai oleh Erick Thohir, PSSI bergerak cepat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia. Menyadari FIFA terus memantau transformasi sepak bola di Indonesia, LIB pun melakukan berbagai pembenahan. "Di internal kita lakukan restrutkturisasi untuk jadikan liga indonesia naik kelas. Sedih rasanya kalau kita tengok ke belakang itu pada 2003,2004 2005 itu kita 8 asia. Hari ini kita no 6 (Asia Tenggara) miris," kata dia.

Selain penerapan VAR, LIB juga menginginkan sarana dan prasarana yang mumpuni untuk menggelar pertandingan. Ia mengakui investasinya memang tidak kecil, sebab itu perlu bantuan pemerintah. "Ini akan ada campur tangan dari pemerintah, jadi kita melakukan pembenahan, perbaikan, peningkatan hingga bisa menjadikan tontonan yang menarik," kata Ferry.

LIB juga memastikan jadwal yang permanen agar Liga 1 bisa bergulir sesuai jadwal dari awal sampai akhir. "Kerjasama dengan pihak kepolisian sudah jauh-jauh hari, kalo lalu-lalu itu menit akhir, ini sudah dilaksanakan dua bulan lalu, kita berangkat untuk dapatkan jadwal yang permanen dari week 1 sampai 34," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement