Jumat 16 Jun 2023 06:23 WIB

Napoli Umumkan Rudi Garcia Sebagai Pelatih Baru

Rudi Garcia menggantikan Luciano Spalletti yang mengambil cuti panjang dari Napoli.

 Pelatih baru Napoli dari Prancis, Rudi Garcia
Foto: EPA-EFE/SEBASTIEN NOGIER
Pelatih baru Napoli dari Prancis, Rudi Garcia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Napoli sudah mendapatkan pelatih baru. Juara Serie A musim 2022/2023 telah menunjuk Rudi Garcia sebagai pelatih kepala mereka untuk musim mendatang. Napoli tidak memberikan rincian mengenai kontrak Garcia.

Pelatih asal Prancis berusia 59 tahun ini menggantikan Luciano Spalletti, yang meninggalkan klub untuk mengambil cuti panjang setelah membawa Napoli meraih Scudetto pertama dalam 33 tahun terakhir bulan Mei lalu.

Baca Juga

Garcia, seperti halnya Spalletti, sebelumnya menangani AS Roma di Serie A. Prestasi terbaik Garcia adalah memenangkan gelar liga dan Piala Prancis bersama Lille pada musim 2010/2011.

Setelah masa jabatan di Marseille dan Lyon, Garcia meninggalkan pekerjaan terakhirnya di Al Nassr di Arab Saudi pada April.

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa, setelah bertemu dan mendampinginya selama 10 hari terakhir, Rudi Garcia akan menjadi pelatih baru Napoli," kata pemilik Napoli Aurelio De Laurentiis dikutip dari BBC, Jumat (16/6/2023). "Sambutan yang tulus untuknya dan semoga sukses!"

Garcia sudah membalas pengumuman soal penunjukannya tersebut di Twitter. "Senang sekali bisa bergabung dengan proyek Napoli. Senang sekali bisa kembali ke Italia," tulis Garcia di Twitter setelah pernyataan resmi Napoli. "Saya termotivasi dan berambisi, sekarang, lebih dari sebelumnya, untuk terus membawa warna dari Juara Italia."

Garcia meninggalkan Al-Nassr yang diperkuat Cristiano Ronaldo pada April lalu, setelah hanya satu musim di klub tersebut. Ia kembali ke Italia setelah lebih dari tujuh tahun usai dipecat oleh Roma pada Januari 2016. Uniknya, saat ia digantikan oleh Luciano Spalletti. Kini yang terjadi sebaliknya, Garcia menempati posisi yang ditinggalkan Spalletti.

Penunjukan Garcia mengakhiri sejumlah spekulasi. Sebelumnya beberapa nama muncul, di antaranya Luis Enrique dan terakhir eks pelatih PSG Christophe Galtier. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement