Jumat 16 Jun 2023 12:57 WIB

Rafael Struick tak Pikirkan Messi Bermain atau tidak di Jakarta

Rafael Struick mengaku akan lebih fokus pada diri sendiri dan timnas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia Rafael William Struick berusaha melepaskan tendangan melewati adangan pemain Palestina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Rafael William Struick berusaha melepaskan tendangan melewati adangan pemain Palestina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain muda tim nasional (timnas) Indonesia Rafael Struick mengaku akan lebih fokus pada diri sendiri dan tim menjelang laga uji coba FIFA matchday melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023). Menurutnya tak masalah pemain mana yang akan diturunkan oleh pelatih Lionel Scaloni. 

Pemain ADO Den Haag tak memikirkan apakah bintang Argentina Lionel Messi akan turut bermain atau tidak. Dia menilai yang terpenting baginya adalah pengalaman bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong melawan tim peringkat satu dunia yang telah memenangi trofi Piala Dunia 2022 lalu

Baca Juga

"Saya pikir kami hanya harus fokus pada diri sendiri, tak masalah siapa yang mereka bawa. Siapa pun yang ada di tim itu bagus, tak masalah," kata Struick kepada wartawan usai latihan di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Kamis (15/6/2023) malam WIB. 

Pemain berusia 20 tahun itu mencatatkan debut bersama timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Palestina, Rabu (14/6/2023) lalu. Pada laga perdananya berseragam Merah Putih tersebut, Struick dinilai banyak pihak bermain apik meskipun laga itu harus berakhir imbang 0-0. Ia pun menyatakan rasa terima kasihnya kepada para penggemar timnas yang telah bersedia memenuhi Stadion Gelora Bung Tomo.

"Saya puas, sangat bersyukur, terima kasih fans, mereka (suporter) hebat, stadion penuh, mereka berteriak, bernyanyi, sayangnya skornya 0-0, tapi pertandingannya sangat bagus, mereka (Timnas Indonesia) bermain bagus, tim bekerja keras, sekarang saatnya Argentina," kata Struick. 

Di samping itu, Struick menilai laga melawan Argentina akan menjadi laga sulit. Menurutnya skuad Garuda akan dipaksa untuk lebih banyak bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman. Kendati demikian, penyerang itu memastikan akan bermain secara maksimal dan memperoleh hasil terbaik. 

"Ini akan menjadi laga sulit, mereka nomor satu dunia, kami akan memberikan yang terbaik, bertarung 100 persen, dan kita akan lihat apa yang akan bisa kami dapat," kata dia.

Namun sebelum itu, ia juga harus memastikan agar dirinya kembali terpilih dalam line up untuk pertandingan tersebut. "Harapannya, saya bisa bermain, saya harap bisa menunjukkan diri saya. Fokus utama dalah bekerja keras, bertahan, dan 100 persen," ujarnya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement