Jumat 16 Jun 2023 21:20 WIB

Pemain Baru Persija Ini Merasa Cocok dengan Taktik yang Diberikan Thomas Doll

Doll menyatakan para pemain butuh terus tampil bersama dan mendapatkan menit bermain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain baru Persija Jakarta, Ryo Matsumura
Foto: Dok Media Persija Jakarta
Pemain baru Persija Jakarta, Ryo Matsumura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang anyar Persija Jakarta asal Jepang, Ryo Matsumura, telah melakoni dua laga uji coba selama masa pramusim menuju Liga 1 2023/2024. Di uji coba terakhir, yakni saat melawan PS UMJ di Nirwana Park, Bojongsari, Depok, Rabu (14/6/2023) sore WIB, Ryo merasa cocok dengan arahan pelatih Thomas Doll,

Ryo berhasil menunjukkan ketajamannya. Ia mencetak hattrick ke gawang tim lawan dalam kemenangan 11-0 untuk Persija Jakarta.

Baca Juga

Gol pertama dilesakkan Ryo lewat sepakan kaki kiri setelah menerima umpan Rayhan Hannan. Gol kedua lahir setelah Ryo berhasil mengonversi umpan Syahrian Abimanyu. Gol ketiganya tercipta berawal dari umpan Dony Tri Pamungkas.

Pemain yang baru saja merayakan ulang tahun ke-29 pada Kamis (15/6/2023) itu mengatakan, ia merasa cocok dengan skema main yang diinginkan Thomas Doll. Sebab itu, ia merasa nyaman dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya bersama skuad Macan Kemayoran.

Ryo mengaku bermain sebagai nomor 10, shadow striker, dan false nine bersama Persija. Menurutnya, taktik yang diberikan Thomas Doll cocok dengan caranya bermain. Tapi ia menilai, bukan hanya dirinya saja yang cocok. Rekan-rekan setim lain pun mampu menjalankan instruksi pelatih dengan baik.

"Mungkin bukan saya saja, tapi pemain lain kelihatan cocok dengan taktik coach," kata Ryo dikutip dari Liga Indonesia Baru, Jumat (16/6/2023). "Saya lihat pemain yang lain paham bagaimana memanfaatkan ruang kosong dan bagaimana mereka bergerak. Semua hal itu membuat saya nyaman untuk bermain di sini."

Sementara itu, Thomas Doll mengaku puas dengan kinerja anak didiknya. Namun ia memastikan itu bukan karena tim besutannya mencetak 11 gol pada laga tersebut melainkan karena cara bermain Hanif Sjahbandi dkk sudah sesuai yang ia inginkan. Menurutnya, penting bagi tim bisa terus bermain bersama dan mendapatkan menit bermain.

"Sedikit demi sedikit saya sudah bisa melihat bagaimana gaya permainan tim ini nantinya," kata Thomas Doll. "Permainan yang dulu sudah kembali terlihat, bermain cepat, membiarkan bola bergerak banyak, banyak aksi, dan gol yang bagus dari para pemain. Jalannya laga kali ini sesuai ekspektasi saya. Kemarin mereka berlatih sangat berat sehingga hari ini kakinya keliatan berat. Namun, itu hal wajar saat pramusim."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement