Jumat 16 Jun 2023 22:41 WIB

Raphinha Tegaskan Bertahan di Barcelona Musim Depan

Raphinha sudah beradaptasi dan menemukan kenyamanan di Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Barcelona, Raphinha
Foto: AP Photo/Alvaro Barrientos
Gelandang Barcelona, Raphinha

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Raphinha baru semusim berkostum Barcelona. Belakangan, pemain sayap asal Brasil itu dikabarkan mendekat ke pintu keluar Stadion Camp Nou.

Sosok bernama lengkap Raphael Dias Belloli ini menepis rumor tersebut. Ia tidak berpikir untuk meninggalkan tim raksasa Katalan dalam waktu dekat. Ada kontrak yang terjalin antara keduanya.

Baca Juga

"Saya akan melanjutkan di Barca pada musim depan, dan musim berikutnya. Saya memiliki kontrak beberapa tahun, dan saya berharap bisa memenuhi tahun-tahun itu, dan akan lebih banyak lagi yang akan datang," kata Raphinha, dikutip dari Football Espana, Jumat (16/6/2023).

Raphinha lalu menceritakan proses adaptasinya di Barcelona. Awalnya sedikit sulit. Sesuatu yang lumrah.

Berjalannya waktu, ia menemukan kenyamanan. Sekarang Raphinha sudah betah. Baik itu ketika bekerja di lapangan, maupun di keseharian.

"Barcelona, kota yang saya cintai. Orang Brasil sangat senang di sini. Enam bulan pertama terasa sulit, tapi kemudian saya beradaptasi dengan lebih baik. Rekan setim saya, banyak membantu saya," ujar Raphinha.

Eks Leeds United itu dipasang di kiri dan di kanan. Ia lebih nyaman jika bergerak dari kanan. Ia bahkan rela turun dari bangku cadangan, jika dipaksakan bermain dari kiri.

Pelatih Barca Xavi Hernandez memiliki banyak opsi di kanan. Jika semua dalam keadaan fit, Xavi lebih memilih memasang Ousmane Dembele di sana. Raphinha menghormati apa pun keputusan mentornya.

Sang winger menegaskan hubungan antara ia dan pelatih baik-baik saja. Ia bahkan mengeluarkan pujian untuk bosnya. Sosok yang sangat mengenal Blaugrana.

"Kami memiliki pelatih yang sangat mengetahui cara bemain Barcelona, seseorang yang mengenal klub dengan sempurna. Xavi tahu apa yang bisa dilakukan dengan grup ini," jelas Raphinha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement